Tips Keluarga Bahagia Mampu Menjaga Kelanggengan Sampai Kakek Nenek

1818 views

Manusia mana yang tak ingin hidupnya dipenuhi oleh kebahagiaan, apalagi kebahagiaan itu tidak dirasakan sendiri melainkan dengan keluarga tercintanya. Banyak sekali orang-orang yang mencari tips-tips agar kaya, ke sana kemari mengikuti seminar demi jenjang karir yang melejit, tetapi lupa mencari tips keluarga bahagia.

Ibarat kata dalam memasak, tips keluarga bahagia bagaikan garam dalam sayuran, bagaikan gula di kolak. Hehe. Artinya menjadi keluarga bahagia itu nomer satu. Jika Anda sukses di keluarga, maka kehidupan pekerjaan, studi, dan karir Anda akan bagus dengan sendirinya. Bayangkan jika keluarga Anda amburadul, bagaimana Anda bisa tenang dalam bekerja, bekerja saja bawaannya suntuk. Bagaimana karir Anda akan melejit, jika menjaga hubungan dengan keluarga saja minus, lalu saat Anda berhubungan dengan kawan-kawan? Semoga kita-kita ini menjadi pribadi yang enak dipandang mata oleh orang-orang terdekat kita.

Menindak lanjuti tips keluarga bahagia, apakah Anda siap menjadi keluarga bahagia? Jangan-jangan ada yang masih belum siap untuk membangun keluarga yang bahagia. Banyak sekali yang mengsalahartikan tentang kebahagiaan. Sedikit kita mengupas apa itu makna bahagia.

Playful couple enjoying outdoors

Seorang pakar kebahagiaan, mewanti-wanti kita untuk berhati-hati dengan kesenangan. Karena kesenangan sangatlah berbeda jauh dengan kebahagiaan. Kesenangan bersifat sementara. Kesenangan dicapai dari hal-hal yang bersifat fisik. Dengan demikian, kepuasan yang didapat dari kesenangan tidaklah bertahan lama.

Lanjut Arvan Pradiansyah membicarakan tentang konsep kebahagiaan vs kesenangan. “Ketika kita memilih kesenangan dan menganggapnya sebagai kebahagiaan, kita sudah berjalan ke arah yang berbeda dengan jalan kebahagiaan.”
Sekarang Anda sudah tahu perbedaan antara kebahagiaan dengan kesenangan. Apakah kehidupan keluarga Anda bertipe kesenangan atau kebahagiaan? Jika masih bertipe kesenangan, tidak ada kata terlambat untuk mengubah menjadi kebahagiaan.

Tips keluarga bahagia yang sesungguhnya

Tips keluarga bahagia kita petik dari rahasia hidup bahagia yang dituturkan oleh pak Arvan. Rahasia hidup tersebut adalah:

1. Sabar

Sudah kita ketahui bahwa mengucapkan kata sabar sangatlah mudah, tetapi apa yang terjadi jika kita melaksanakan sabar ini? semua orang mengeluh: “Sabar itu susah.” Tetapi, apa kata pak Arvan: “Begitu kita mampu bersabar, begitu kita berhasil mencapai suatu tingkat tertentu dalam kesabaran, kita akan lebih mudah menjalankan rahasia kebahagiaan yang lain.” Maka, mencobalah kita belajar bersabar demi keutuhan keluarga Anda.

Portrait of happy casual caucasian married couple at the beach. Handsome man, attractive young woman

2. Syukur

Lagi-lagi kita salah mengartikan kata syukur. Kita bersyukur saat senang dan bersabar saat susah. Padahal saat senang dan susah kita haruslah tetap bersabar. Lalu syukur itu apa? 😉 Syukur adalah saat mampu menerima apapun yang kita dapatkan dengan senang hati. Dengan merasakan apa yang telah kita peroleh, kita akan merasakan kenikmatan yang tak ada duanya.

Jadi, syukur itu bukanlah memikirkan hal-hal yang belum kita miliki atau dan sangat ingin kita miliki.

3. Sederhana

Berkeluarga dalam hitungan tahun pasti akan ada masa cekcok, sebagai bumbu kehidupan keluarga Anda. Lalu bagaimana Anda dan pasangan mengatasinya? Saat Anda menghadapi masalah dalam keluarga, hanya satu kata: sederhanakanlah. Jangan buat rumit masalah yang sedang terjadi.

4. Kasih

tips keluarga bahagia 2

Kasih adalah melihat orang lain sebagai yang perlu disayangi. Dengan adanya kasih kita akhirnya mampu memberi dan memaafkan.

5. Memberi

Memberi yang tanpa didasari oleh perasaan kasih adalah memberi dengan maksud-maksud tersembunyi yaitu “ada udang di balik batu.”

6. Memaafkan

Memaafkan akan jauh lebih sulit, apalagi jika tidak didasari oleh kasih.

7. Berserah

tips keluarga bahagia 5

Tips terakhir ini merupakan kebahagiaan tertinggi. Tips 1 sampai 6 untuk meraih kebahagiaan diri sendiri dan keluarga maupun masyarakat sekitar. Jika Anda tak mampu berserah diri, akan terasa kurang kebahagiaan Anda. Karena kebahagiaan abadi terletak pada bagaimana Anda bisa berserah kepada sang Pencipta.

Dalam tips keluarga bahagia tak ada satupun yang bertuliskan, bahwa kebahagiaan itu meliputi: penghasilan suami perbulan 20 juta, anak-anak dengan prestasi gemilang, dll. Cukup sederhana bukan untuk menjadi keluarga bahagia yang mampu melanggengkan sampai kakek nenek?

Orang tua yang mampu menciptakan keluarga bahagia, maka kelak akan menciptakan generasi yang rindu akan kedamaian. Tips keluarga bahagia akan selalu terekam dalam memori dan spontanitas dalam tindak-tanduknya.