Hantaran pernikahan dan seserahan adalah kesan pertama

20756 views

Seserahan dan hantaran pernikahanSeserahan dan hantaran pernikahan telah jadi sisi yang penting dalam prosesi pernikahan di negeri ini. Hantaran pernikahan adalah kegiatan seremonial dari mempelai laki laki dan juga sebagai bentuk komitmen ke pihak keluarga, terlebih orangtua calon pengantin wanita.

Untuk kebiasaan prosesi hantaran lamaran adat Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah serta Jawa Timur), umumnya seserahan dan hantaran pernikahan diberikan ketika malam saat sebelum dilakukan akad di acara midodareni untuk kebiasaan Jawa serta ngeyeuk seureuh untuk kebiasaan Sunda.

Namun ada pula yang melakukan seserahan ketika acara pernikahan.

Bagaimana anda memandang makna dan pentingnya prosesi seserahan ini akan menentukan bagaimana anda mempersiapkan seserahan tersebut. Dalam artikel ini kami mencoba menggambarkan filosofi penyelenggaran acara seserahan, agar anda dapat mempersiapkan dengan baik acara penting ini.

Pertemuan pertama dua keluarga besar ditandai melalui seserahan dan hantaran pernikahan yang anda bawa. Bagaimana anda menyiapkannya akan menentukan bagaimana keluarga besar anda dimata keluarga besar mempelai wanita.

Seserahan dan hantaran pernikahan

seserahan pernikahanHantaran pernikahan ini adalah bawaan yang spesial diberikan pada keluarga pengantin wanita dengan harapan untuk turut memperingan beban keluarga mempelai wanita. Ini memanglah suatu rutinitas sekalian bentuk dari kesadaran diri.

Setiap kali terjadi rangkaian kegiatan pernikahan, pihak pengantin pria membawakan beragam kepentingan untuk pesta, umpamanya kue, buah serta oleh-oleh yang lain.

Baca juga : Daftar barang seserahan pernikahan

Juga sebagai rombongan tamu, telah jadi kebiasaan untuk membawa oleh-oleh untuk tuan rumah. Sangatlah tak sopan saat anda mendatangi kerabat hanya dengan tangan kosong.




Dalam acara pernikahan, hantaran pernikahan bisa dianggap sebagai bentuk oleh-oleh yang di bawa untuk tuan rumah dari rombongan tamu.

Pihak mempelai wanita yang menerima rombongan sebagai tuan rumah tentu juga mempunyai tanggung jawab untuk menjamu rombongan keluarga besar mempelai pria. Perlu anda perhatikan sebagai tuan rumah adalah, cara anda menerima dan menjamu rombongan juga akan menjadi pertaruhan. Seberapa besar anda menghargai kerja keras rombongan terlihat dari bagaimana anda menjamu. Jadi perlu dipersiapkan juga perjamuan yang layak.

Sekalipun acara ini penting dan anda tidak ingin memberi kesan yang kurang baik dimata keluarga besar pasangan anda, namun dalam mempersiapkannya tidak harus dilakukan dengan cara mewah.

Sederhana namun anda benar benar mempersiapkannya dengan baik juga sudah cukup memberi kesan positif. Hal yang tidak kalah penting dalam proses lamaran nantinya selain barang bawaan adalah mempersiapkan orang orang yang akan terlibat dalam acara. Bagaimana sikap mereka ketika menerima, berbicara bertindak tanduk selama acara juga perlu di persiapkan dan jika perlu di lakukan pengarahan kedua rombongan keluarga besar bertemu.

Baca juga : Tips Membuat Hantaran Seserahan Pernikahan dengan sprei

Semoga acara perdana dari rangkaian panjang  ini dapat anda lalui dengan baik ya. kami ucapkan selamat menempuh hidup baru 😀

Topik pilihan pembaca:

  • hantaran nikah
  • acara seserahan
  • hantaran adalah
  • tata cara seserahan
  • prosesi seserahan
  • kapan resepsi seserahan diberikan
  • hantaran pernikahan adalah
  • kapan seserahan diberikan
  • model bentuk hantaran
  • cara menerima hantaran lamaran