Sambutan acara pernikahan, bagaimana seharusnya?

20432 views

Pidato sambutan sering sekali kita jumpai di acara-acara tertentu, contohnya saja di sebuah pernikahan, lantas bagaimana merancang sambuatan acara pernikahan yang baik yang biasanya disampaikan baik dari pihak keluarga laki-laki maupun perempuan

Pada umumnya, tujuan dari sambuatan acara pernikahan adalah untuk mengungkapkan rasa saling terima kasih dan hormat kedua mempelai kepada para undangan. Penting sekali bahwa apa yang diucapkan dalam pidato sambutan pernikahan lahir dari sikap hati yang tulus, karena apresiasi kehadiran undangan perlu diberikan.

Sambutan acara pernikahan

sambutan acara pernikahanAdakalanya ketika kita mendengarkan pidato pembukaan sebuah acara terasa bahwa pidato itu terkesan formalitas belaka dan terkadang juga memberi kesan tidak dipersiapkan dengan baik.

Hal seperti itu jelas tidak boleh anda tunjukkan di saat anda harus menjadi perwakilan mempelai untuk memberikan kata sambutan acara pernikahan. Mengapa demikian? pertama karena undangan yang hadir adalah pihak yang sudah berusaha menyempatkan waktu dan terkadang secara serius mempersiapkan diri demi memenuhi undangan kedua mempelai. Maka pengorbanan tamu undangan perlu mendapat penghargaan khusus.

Kedua, anda yang akan berpidato membawa pesan dari kedua mempelai dan keluarga besarnya, oleh karena itu anda tidak ingin membuat mereka mendapat kesan yang kurang pantas dari tamu undangan bukan.

Berikut ini tips untuk merancang sambuatan acara pernikahan yang perlu anda simak

1/ Lebih baik menunjuk salah satu perwakilan dan masing-masing pihak keluarga kedua mempelai yang memiliki pengalaman menyampaikan pidato pernikahan. Hal ini agar isi pidato dan penyampainnya Iebih baik.

2/ Meskipun sudah memiliki pengalaman berpidato, ada baiknya membuat catatan/ naskah pidato. Catatlah poin-poin  pentingnya saja di dalam naskah tersebut. ini sangat berguna jika sewaktu-waktu Anda gugup atau kehilangan kata-kata yang ingmn disampaikan.

3/ Penyampaian sambutan acara pernikahan harus singkat, padat,jelas, dan simpel tanpa harus terburu buru. Jangan terlalu panjang dan rumit karena dapat membuat para tamu yang hadir merasa jenuh. Tujuan awal dan pidato, yaitu menyampaikan rasa terima kasih dan penghormatan kepada para tamu yang telah hadir dan memberi doa restu kepada kedua pengantin.

4/ Sebelum melakukan pidato, alangkah baiknya jika Anda mempelajari berbagai referensi pidato-pidato pernikahan. Hal ni sangat penting bila Anda baru pertama kali melakukannya. Dengan melihatdan mempelajari pidato-pidato pernikahan, maka bekal Anda semakin banyak dan kemungkmnan untuk gugup semakin kecil.

5/ Menyampaikan sebuah pidato di suatu acara harus menggunakan tata bahasa yang baku. Karena pidato merupakan kegiatan yang formal sehingga tutur bahasanya pun harus bagus.

6/ Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah body language dan penguasaan panggung. Berikan sapaan, senyuman, dan pandangan kepada para tamu yang hadir. Hal ni dilakukan agar para tamu yang hadir merasakan sedang berkomunikasi dengan Anda sehingga suasana menjadi lebih komunikatif.

7/ Lakukanlah dengan tulus, karena apasaja yang berangkat dari hati akan membuahkan hasil yang lebih baik.

Nah semoga artikel singkat bagaimana merancang sambuatan acara pernikahan ini dapat menjadi panduan, dan semoga anda yang akan mewakili keluarga mempelai untuk menyambut undangan sukses mengemban amanah yang tidak mudah ini.

Topik pilihan pembaca:

  • sambutan pernikahan
  • kata sambutan pernikahan
  • sambutan acara pernikahan
  • contoh kata sambutan pernikahan
  • sambutan resepsi pernikahan di gedung
  • pidato pernikahan
  • pidato ucapan terima kasih pernikahan
  • kata sambutan acara pernikahan
  • sambutan resepsi pernikahan
  • contoh kata sambutan resepsi pernikahan