Pidato Pernikahan

9561 views

Pidato Pernikahan

Pidato Pernikahan

Pidato Pernikahan - By Rumah nikah

Pernikahan yaitu menjadikan satu manusia dalam sebuah ikatan suci. Dalam pernikahan, berlangsung kesatuan, keselarasan di antara dua insan. Juga ada kesepakatan. Kesepakatan yang tidak cuma adalah kesepakatan antarinsan yang menyatu, namun juga kesepakatan keduanya dengan Tuhan.

Dalam pidato pernikahan, terutama dalam agama Kristen, pernikahan yaitu suatu hal yang sakral serta agung. Dalam setiap pidato pernikahan, pendeta senantiasa berkata : Suatu hal yang telah dikumpulkan Tuhan tidak bisa dipisahkan oleh manusia.
Dalam ceramah pernikahan, sering dibacakan surat Kidung Agung yang jadikan basic atau sumber dalam pidato pernikahan. Ayat alkitab ini bicara tentang rasa cinta pada pasangan, memberikan pujian pada serta memperlakukan pasangannya dengan baik serta romantis. Kidung Agung umum dikaji oleh beberapa jemaat waktu sebentar saat sebelum pemberkatan.

Di bawah ini ayat alkitab yang di ambil dari ayat kidung Agung dalam Kesepakatan Lama. Surat Kidung Agung ini berasal dari Salomo. Kidung Agung yang tercantum tersebut hanya 3 pasal, yaitu yang datang dari bagian-bagian pasal 2, 4, serta 6.

Bila ada sanak keluarga yang bakal menikah, umumnya ada perwakilan dari keluarga yang bakal berpidato. Perwakilan keluarga yang berpidato ini umumnya adalah orang yang dihormarti atau diakui. Pidato pernikahan sedikit cukup panjang, namun juga tak mesti bertele-tele. Yang utama, poin-poin pidato seluruhnya Anda kuasai dengan cara bagus mulai dari, pendahuluan, isi, serta penutup.
Bila Anda diakui untuk memberi pidato pada suatu acara pernikahan, janganlah bingung bagaimanakah melakukanya.

Bila Anda pada awal mulanya tak pernah sekalipun memberi pidato pada acara pernikahan, syukurlah lantaran Anda adalah orang yang diambil serta dipercayai oleh yang mempunyai hajat untuk mengemukakan pidato itu. Bila ini memanglah yang pertama kali, Anda mesti meyakini bahwa Anda dapat mengerjakannya. Rasa grogi ketika bakal mengemukakan suatu pidato juga bakal nampak, namun janganlah terlampau dibesar-besarkan, yang terutama Anda mesti konsentrasi pada isi materi pidato itu dengan panduan lakukan persiapan pidato serta berlatih sebagus mungkin saja.

Nah, di bawah ini misal naskah pidato pernikahan yang dapat menjadai rekomendasi untuk Anda yang bakal melakukan pidato pernikahan.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Hadirin sekalian yang berbahagia, dalam peluang yang berbahagia ini serta ke-2 mempelai yang berbahagia, marilah kita terlebih dulu memanjatkan puji sukur kehadirat Allah Swt atas karunia nikmat serta hidayah-Nya hingga kita sekalian dapat ada dalam acara pernikahan saudara (katakan nama mempelai pria) dengan saudari (katakan nama mempelai wanita) ini dengan tidak ada rintangan apapun. Semoga ke-2 mempelai nanti diberikan kebahagiaan serta ketentraman dalam rumah tangganya kelak. Amin.
Shalawat serta salam semoga terus tercurahkan pada Nabi Muhammad Saw beserta keluarganya, beberapa sahabatnya serta semua golongan muslimin yang selalu menggerakkan ajaran Islam dengan pas.

Hadirin sekalian serta ke-2 mempelai berdua yang berbahagia, menikah bermakna menjadikan satu dua insan yang tidak sama. Tidak sama ciri fisik, tidak sama pemikiran, tidak sama pendapat, serta lain sebagainya yang dikumpulkan dalam suatu jalinan pernikahan. Oleh karenanya, Nab Muhammad Saw menyarankan untuk siapa juga muslimin atau muslimah yang telah akil baligh serta terasa " dapat " untuk menikah, selekasnya menikahlah. Tetapi, bagaimanakah yang belum dapat? Nabi merekomendasikan untuk berpuasa atau beraktivitas yang positif.

Didalam suatu rumah tangga, pekerjaan ke-2 mempelai yaitu pelihara iman, beribadah, akhlak mulia, tingkah laku yang benar, kebiasaan yang baik serta suri tauladan yang tinggi. Pekerjaan seseorang bapak serta ibu yaitu bekerja bersama, bahu membahu dalam wujudkan pekerjaan itu lantaran dalam pernikahan tidaklah hanya untuk menyalurkan syahwat serta mencari kesenangan semata. Pondasi awal yang perlu di bangun dalam rumah tangga yaitu pilih pasangan yang betul-betul mempunyai tingkat beragama yang benar serta ketakwaannya. Lantaran dengan inilah, kita bakal beroleh buah yang bagus.

Allah Swr berfirman, " Serta tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan idzin Allah, serta tanah yg tidak subur, tanaman-tanamannya tumbuh rata. " (Al-a'raf 58)
Dengan buah yang bagus bakal lahir generasi-generasi yang suci, cerdas, tangguh, pemimpin yang bukanlah jadi jadi mangsa musuh-musuhnya. Dalam suatu Hadits yang berbunyi โ€œWanita dinikahi lantaran 4 hal, yakni hartanya, keturunanya, kecantikan, serta agamanya. Pastikan wanita yang memiliki agama pasti anda bakal memperoleh seluruhnya. "
Hadirin sekalian serta ke-2 mempelai yang berbahagia.

Nabi merekomendasikan bahwa pernikahan yang barokah yaitu pernikahan yang didasari agama. Pernikahan dengan didasari hal semacam ini, bakal jadikan dianya pilot yang tahu arah serta maksud dalam pernikahannya itu. Lelaki yang beragama, tahu maksud hidup pernikahannya, begitupun istri yang sholehah, tahu ke mana dia bakal mengambil langkah hidup hingga dengan gabungan yang sebanding ini, pernikahan akan ditempuh dengan tenang serta tenteram lantaran semasing sudah jadi pilot serta co-pilot yang tangguh.

Saudaraku sekalian yang kami cintai, sekian uraian pidato ini. Kira-kira minta maaf. Akhir kata, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah, tersebut penjelasan tentang naskah Pidato Pernikahan. Semoga penjelasan yang di sampaikan berguna untuk Anda yang tengah menyiapkan pidato pernikahan. Satu hal yang harus jadi perhatian, isi dari pidato mesti terang, padat, serta tak bertele-tele. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Topik pilihan pembaca:

  • sambutan pernikahan kristen
  • pidato pernikahan kristen
  • kata sambutan pernikahan kristen
  • contoh kata sambutan resepsi pernikahan kristen
  • sambutan nikah kristen
  • kata sambutan perkawinan kristen
  • cara contoh kata sambutan pernikahan kristen
  • kata sambutan acara pernikahan kristen
  • contoh sambutan pernikahan kristen
  • kata pembukaan resipsi pernikahan kristen