Pernikahan beda agama dalam Islam

13881 views

pernikahan beda agamaKekuatan cinta terkadang mengagumkan dan sebagai pemicu pernikahan beda agama lantas bagaimana pernikahan beda agama dalam Islam sesungguhnya. Tidak sedikit kisah yang terjadi bahwa perrnikahan beda agama ditentang banyak pihak, termasuk juga orang-tua ke-2 belah pihak, tetapi kedua sejoli beda agama ini yang mengambil keputusan untuk menikah yakin bahwa agama tidak akan memisahkan percintaan mereka.

Negara kita tidak mengenal adanya pernikahan beda agama, ini berarti undang-undang Indonesia tak mengatur pernikahan beda agama. Jika pasangan beda agama tetap melaksanakan pernikahannya maka resiko yang dihadapi adalah mereka tidak akan memperoleh akte nikah dan segala resiko yang timbul akibat tidak adanya buku akte nikah yang menunjukkan bahwa mereka adalah pasangan sah suami istri. Pernikahan beda agama akan tetap terdaftar pada pengadilan tetapi tidak dianggap sah dalam hukum agama.

Sebagian pasangan pernikahan beda agama memiliki pendapat bahwa tidak ada yang salah dengan pernikahan beda agama yang mereka jalani. Toh, seluruhnya sudah dipertemukan oleh Tuhan. Tuhan, menurut beberapa dari mereka yang disebut pasangan pernikahan beda agama, pada dasarnya adalah satu.

Pernikahan Beda Agama dalam Islam

Dalam kesempatan ini rumahnikah.com hanya ingin mencoba memberikan gambaran sekilas dari pandangan agama Islam, bukan karena alasan tertentu hanya kami tidak ingin selah jika membahas dalam pandangan agama lain yang kami tidak pahami.

Islam sudah mengatur pernikahan beda agama dengan tegas. Islam mengharamkan pernikahan beda agama serta hal itu ada dalam kitab suci umat Islam. Al-Quran dengan terang mengatakan larangan dikerjakannya pernikahan beda agama.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 221 dijelaskan : “Dan jangan sampai anda nikahi wanita-wanita musyrik, saat sebelum mereka beriman. Sebenarnya wanita budak yang mu’min tambah baik dari wanita musyrik, meskipun dia menarik hatimu. Serta jangan sampai anda menikahkan beberapa orang musyrik (dengan wanita-wanita mu’min) saat sebelum mereka beriman. Sebenarnya budak yang mu’min tambah baik dari orang musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga serta ampunan dengan izin-Nya. Serta Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) pada manusia agar mereka mengambil pelajaran. ”

Dalam surat Al-Baqarah itu telah dengan terang bahwa pernikahan lain agama diharamkan, baik laki-lakinya beragama Islam ataupun wanitanya yang beragama Islam. Beberapa ulama bahkan juga memiliki pendapat bahwa pernikahan lain agama sama juga dengan lakukan zina sepanjang umur pernikahannya itu  adalah dosa besar.

Pernikahan beda agama jadi perbincangan untuk sebagian ulama. Ada yang memiliki pendapat pernikahan antar agama mutlak haram hukumnya. Tak ada tawar-menawar dalam masalah hukum agama. Seseorang muslim serta muslimah tak bisa menikah dengan orang yang tidak sama agamanya. Tetapi pendapat lain nampak terkait dengan Surat Al-Maidah yang menyiratkan diijinkannya pernikahan lain agama untuk pria muslim yang menikah dengan wanita yang lain agama. Itupun ada yang memiliki pendapat, tak ada ketetapan tentang wanita lain agama yang dinikahi.

Ada juga yang memiliki pendapat bahwa wanita lain agama yang dinikahinya sebaiknya pakar kitab. Ulama yang menyampaikan diijinkannya pernikahan lain agama dengan catatan yaitu seseorang muslim menikah dengan wanita lain agama, menurut pada Surat Al-Maidah ayat 5 yang berarti :

“ Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) beberapa orang yang di beri Al Kitab itu halal bagimu, serta makanan anda halal juga untuk mereka. (Serta dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang melindungi kehormatan diantara wanita-wanita yang melindungi kehormatan diantara beberapa orang yang di beri Al Kitab saat sebelum anda, apabila anda sudah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tak dengan maksud berzina serta tak (juga) membuatnya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir setelah beriman (tak terima hukum-hukum Islam) jadi hapuslah amalannya serta ia di akhirat termasuk juga beberapa orang merugi”

Ada ketidaksamaan beberapa ulama dalam menanggapi pernikahan lain agama. Mereka yang melarang yang berdasar pada surat Al-Baqarah menyampaikan bila seseorang muslim menikah dengan orang yang lain agamanya, jadi sama juga dengan zina serta ia mesti lakukan taubatan nasuha. Taubat nasuha adalah taubat yang betul-betul taubat, taubat yang dikerjakan dengan suatu janji, kepercayaan, serta usaha tidak untuk lakukan perbuatan itu.

Ulama yang memperbolehkan pernikahan lain agama berdasar pada surat Al-Maidah. Catatan bahwa wanita yang dinikahinya disyaratkan seseorang pakar kitab dengan harapan bisa menuntunnya serta membimbingnya hingga bisa memeluk Islam.

Masalah pernikahan lain agama diawali dengan cinta. Mengatur cinta dengan benar adalah jalan keluar yang pas. Menyukai orang pas adalah cinta yang benar. Pas menurut hati, pikiran, serta agama hingga akan tidak menimbulkan pertentangan didalam keluarga.

Dampak yang diakibatkan dari perhikahan beda agama

Mengulas tentang dampak yang muncul dari ketentuan pernikahan lain agama, diperlukan kebijakan serta kearifan yang mendalam. Hingga hal itu bukan sekedar dipikirkan melalui perasaan, tetapi kian lebih itu. Dibutuhkan pemikiran yang logis atas tiap-tiap aksi yang dikerjakan. Apabila kita perhatikan dampak yang muncul dari pernikahan lain agama, sungguh banyak.

Diawali dari lingkungan keluarga. Dengan pernikahan ini bakal muncul perseteruan pertama adalah pada orangtua serta anak. Ditambah lagi bila latar belakang dari orangtua tersebut adalah penganut agama yang patuh. Dengan cara automatis, mereka akan tidak pernah sepakat bila anak yang telah mereka besarkan dengan penuh kasih sayang, pada akhirnya terperosok dengan memutuskan salah. Yakni menikah dengan orang yang tidak sama agama.

Satu yang pasti dampaknya adalah kualitas ibadah anda akan berkurang, karena dalam kehidupan berumah tangga tidak jarang anda harus sedikit banyak berkompromi dengan pasangan anda berkaitan dengan pola ibadah.

Diluar itu, efek yang nampak karenanya ada pernikahan beda agama yaitu kebingungan yang muncul dari anak-anak mereka. Dengan kepercayaan agama yang tidak sama dari ke-2 orangtua, mereka bakal terasa bingung untuk memastikan agama yang mereka anut. Hingga dalam soal ini, anak bakal terasa kehilangan pelindung yang membimbing mereka ke jalan agama yang benar.

Dengan lihat keadaan itu, jadi dalam memutuskan untuk menikah dengan orang yang tidak sama agama, jangan sampai cuma memakai emosi semata. Walau demikian, Anda juga mesti memperhitungkan serta pikirkan efek yang nampak dari pihak lain. Yang sedikit banyak akan mempengaruhi kehidupan Anda ke masa depan. Pernikahan Lain Agama apakah Kehidupan yang Bahagia?

Oleh karenanya, dalam tulisan ini cuma memberi pemaparan tentang bermacam deskripsi yang bakal nampak dalam pernikahan beda agama. Hingga dalam memutuskan, Anda telah tak terasa kaget dengan beragam jenis efek yang ditimbulkannya

Topik pilihan pembaca:

  • dampak pernikahan beda agama
  • dampak pernikahan beda agama terhadap anak
  • Akibat nikah beda agama
  • dampak nikah beda agama
  • Akibat pernikahan beda agama
  • dampak pernikahan beda agama menurut islam
  • dampak perkawinan beda agama
  • dampak positif dan negatif nikah beda agama
  • dampak positif dan negatif perkawinan beda agama
  • dampak pernikahan beda agama dalam islam