Pernikahan Ala Batak

2718 views

Pernikahan Ala Batak

Pernikahan Ala Batak - Beragam budaya di Indonesia menyuguhkan banyak kebiasaan dalam beragam hal termasuk juga pernikahan. Ladies pasti tak asing dengan suku Batak kan? Logatnya kerap ditiru beberapa artis waktu tengah bercanda lantaran nadanya yang unik. Tetapi, ta banyak yang tahu tentang tradisinya dalam pernikahan.

Pernikahan Ala Batak

Info tersebut bakal berguna menaikkan wawasan nusantara Ladies. Kebiasaan pernikahan Batak dimaksud juga Na Gok seperti yang dijelaskan di pernikahanadat. blogspot. com. Saat sebelum pernikahan diawali tentu terdapat banyak hal yang dikerjakan, seperti :

mangarisika (kunjungan keluarga pria ke wanita), Marhori-hori Dinding (lamaran), Marhata Sinamot (perbincangan permasalahan duit), Pudun Sauta (makan berbarengan du akeluarga), Martumpol (pemberi tanda tanganan kesepakatan nikah oleh ke-2 orangtua), Maria Raja (upacara), Manjalo Pasu-pasu Parbagason (prosesi pernikahan), serta pesta unjuk (pesta sukur).

Terkecuali prosesi saat sebelum pernikahan, juga ada istilah-istilah spesial dalam suku Batak untuk masalah pernikahan spesifik. seperti yang dijelaskan di suku-batak. blogspot. com, arti itu diantaranya :

- Mangalua (kawin lari atas hasrat pasangan)

- Mangabing Boru (pria berbarengan rekan-temannya menculik si wanita)

- Mahuempe (si wanita berbarengan rekan-temannya datang ke rumah pria serta minta selekasnya menikah)

- Panoroni (pernikahan untuk seseorang duda)

- Singkat Rere (pernikahan untuk seseorang janda)

- Bigami (poligami)

- Parumaen di Losung (Pernikahan yang berlangsung lantaran si wanita juga sebagai tebusan atas hutang ayahnya), dan

- Manggogoi (pernikahan yang berlangsung lantaran si wanit atelah digauli dengan cara paksa oleh si pria)

Pernikahannya memanglah tidak sama arti Ladies, sesuai sama keadaanya. Tetapi dengan cara garis besar, prosesi pernikahannya nyaris sama. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik pilihan pembaca:

  • pernikahan orang rusia dg orang batak