Perhitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan

26648 views

Perhitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan

Perhitungan Weton Jawa  - Tahukah Anda perihal perhitungan weton orang jawa untuk pernikahan? Orang Jawa saat beraktivitas senantiasa tak pernah jauh-jauh dari perhitungan kalender Jawa Ada yang lihat penghitungan hari dari arah mata angin, tanggal hari, bulan, tahun, dan ada banyak lagi. Terlebih bila orang yang berkaitan akan menikah, pasti bakal lakukan perhitungan weton untuk pernikahan itu.

Bagaimana caranya mengkalkulasi weton ini? Jumlah weton bisa di cari atau dihitung lewat hari lahir serta pasaran. Umumnya, tiap-tiap kelahiran bayi untuk orang Jawa bukan sekedar dicatat tanggal, bln., serta th., namun juga hari pasar atau weton itu dengan cara detil bakal dicatat oleh orangtuanya.

Biasanya, penghitungan weton sangatlah mudah, tinggal memberikan nilai hari lahir ditambah dengan nilai pasar itu. Semasing mempunyai angka yang tidak sama untuk setiap hari beserta wetonnya. Karenanya, butuh tahu lebih dahulu angka atau jumlah hari lahir untuk masing masing hari. Seperti Senin memiliki nilai 4, Selasa 3, Rabu 7, Kamis 8, Jumat 6, Sabtu 9 serta Minggu 5. Sesaat market yang terdiri atas lima sebutan ini dapat memiliki angka atau jumlah.

Jumlah pasar itu yaitu pon memiliki angka 7, wage 4, kliwon 8, legi 5 serta pahing 9. Walau jumlah hari yang kita kenal ada tujuh, tetapi untuk penghitungan kalender Jawa, memanglah ada lima type hari yang selalu berputar dalam menghitungnya. Langkah mengkalkulasi jumlah weton yang paling mudah yaitu dengan menaikkan angka atau nilai lahir serta angka atau nilai weton.

Misal menghitungnya yaitu contoh Anda terlahir di hari Ahad Pahing, jadi weton Anda memiliki nilai 14. Berarti, angka 14 didapat dari penjumlahan ahad yang memiliki nilai 5 serta pahing yang memiliki nilai lebih 9 hingga ketemulah akhirnya 14.

Hasil penjumlahan inilah yang umumnya kita kenal dengan weton. Setelah itu, weton inilah yang nanti bakal dipakai untuk merumuskan atau mengkalkulasi apa sajakah yang mau diramal, umpamanya arah jodoh, ciri-ciri atau karakter berdasar pada weton Jawa, bahkan juga tiap-tiap kesibukan juga dapat juga diramalkan.

Haduuh pusing juga kan?




Perhitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan

Model Cincin Tunangan Elegan

Perhitungan weton untuk perkawinan dalam budaya Jawa memanglah terkait dengan budaya keyakinan juga, hingga tiap-tiap peritiwa senantiasa diibaratkan bisa diterawang dengan perhitungan rotasi kalender tradisional. Dua orang yang berjodoh juga bisa dipandang semasing wetonnya. Diluar itu, arah perkawinan mereka dapat juga diramalkan dengan weton yang ada pada dua orang yang berjodoh itu.

Saat sebelum menikah, dalam perhitungan weton Jawa, ada tiga hal yang akan diperhitungkan, yaitu hari kelahiran, jumlah weton yang dibagi dengan angka sembilan bakal tersisa berapakah, serta prasyarat paling akhir yaitu untuk memastikan saat resepsi pernikahan. Orang jawa yang betul-betul patuh kebiasaan pasti akan tidak melupakan ketentuan-aturan yang ada. Dimuka telah dijelaskan bahwa tiap-tiap weton mempunyai makna sendiri-sendiri bila dijumlahkan atau dipadukan.

Inilah sekilas perhitungan weton Jawa yang akan dilakukan, namun bagi anda yang sudah memegang teguh ajaran agam khususnya bagi umat muslim perhitungan seperti ini tidak boleh diyakini lagi. Dalam Islam khususnya tidak dikenal tanggal baik dan buruk yang berpengaruh kepada nasib dan takdir manusia. Apapun yang akan terjadi pada pernikahan anda nantinya bukan karena perhitungan tanggal seperti ini dan sudah pasti adalah karena anda dan pasangan sendiri yang menentukannya.

Namun terkadang pihak orang tua dan keluarga besar yang masih memegang tradisi kuat ini akan meminta anda untuk melaksanakan berdasarkan perhitungan itu. Anda perlu secara bijak untuk menyikapinya agar prinsip mereka dan apa yang anda percaya bisa berjalan dengan baik tanpa menimbulkan ketegangan yang tidak diperlukan.

 

Topik pilihan pembaca:

  • hitungan weton jawa untuk pernikahan
  • cara menghitung weton sebelum menikah
  • hitungan weton
  • perhitungan weton
  • hitungan jawa
  • jumlah weton
  • hitungan jawa pernikahan
  • cara menghitung weton pernikahan
  • hitungan weton jawa
  • weton