Panitia pernikahan seberapa pentingnya kah?

13889 views

Pentingnya Pembentukan Panitia Pernikahan

Seberapa panitia pernikahanPentingnya Pembentukan Panitia Pernikahan ? - Siapa yang tidak tahu betapa repotnya mempersiapkan pernikahan, terlebih jika anda tidak menggunakan jasa EO

Nyatanya sangat banyak faedah yang bisa didapat dari adanya panitia itu. Pembentukan kepanitiaan pernikahan itu tidak selamanya hanya bermanfaat jika anda menyelenggarakan perayaan pernikahan yang elegan serta meriah, namun juga pada acara pernikahan yang simpel. Alasan utamanya karena pembentukan panitia pernikahan itu yaitu supaya acara pernikahan bisa jalan dengan lancar serta khidmat sesuai sama yang kita kehendaki.

Manfaat Kepanitiaan Dalam Pernikahan

Di bawah ini, sebagian faedah yang bisa didapat dari pembentukan panitia pernikahan :

1. Acara bisa berjalan dengan lancar

2. Acara bisa jalan sesuai sama urutan

3. Acara bisa selesai pada waktunya

4. Pihak-pihak yang ikut serta dalam acara pernikahan termasuk juga ke-2 mempelai tak terlampau capek.

Pihak-pihak yang Ikut serta Dalam Kepanitiaan Pernikahan .

Siapapun yang ikut serta sebagai panitia pernikahan, harus disesuaikan dengan kesiapan dan kemampuan tiap individu. Bila acara pernikahan telah diserahkan pada wedding organizer, jadi pihak yang mengadakan acara pernikahan tak terlampau ribet walaupun beberapa tugas kepanitiaan masih perlu dibuat, hanya untuk memastikan EO yang kita sewa mahal mahal menjalankan tugasnya sesuai keinginan anda.

Mungkin saja cuma beberapa orang tertentu seperti para sesepuh, yang di ajak ikut serta karena mereka mengiringi pengantin,memberi sambutan, terima seserahan, dan sebagainya. Sedang beberapa hal lain seperti MC (master of ceremony), penerima tamu, pagar ayu, penjaga prasmanan,  akan disediakan oleh pihak wedding organizer

Jika acara pernikahan dikerjakan oleh keluarga, pembentukan panitia acara pernikahan mesti akan berisi orang orang dengan tugas yang lebih luas. Tugas-tugas kepanitiaan, hakekatnya sama saja dengan tugas-tugas kepanitaan pada acara-acara yang lain.

Umumnya, kepanitiaan untuk acara pernikahan dibedakan jadi dua kelompok, yakni kepanitiaan untuk acara pranikah serta ketika pelaksanaan. Walaupun terkadang kedua kegiatan ini semua dikerjakan oleh panitia yang sama. Untuk lebih detilnya mari kita simak beberapa uraian di bawah ini.

Kepanitiaan Prapernikahan Memastikan Ketua Panitia

Ketua panitia adalah orang yang paling bertanggungjawab pada jalannya acara pernikahan. Pekerjaan ketua panitia yaitu mengkoordinisasi seluruhnya aktivitas yang terkait dengan acara pernikahan. Umumnya orang yang jadikan ketua panitia yaitu orang yang dituakan, atau dikira juga sebagai sesepuh dalam keluarga.

  • Sekretaris
    Sekretaris bertugas mencatat hasil dari rapat-rapat kecil yang dilaksanakan oleh keluarga. Sekretaris dapat dijabat oleh siapapun dalam anggota keluarga, yang terpenting memiliki kecakapan untuk lakukan aktivitas tulis-menulis.
    Sekretaris mungkin ditugaskan pada anggota keluarga yang masih  duduk di bangku SMA, tetapi alangkah tambah baik bila jabatan itu dipegang oleh orang yang lebih dewasa tujuannya supaya lebih bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan.
  • Memastikan Bendahara
    Bendahara bertugas mengatur serta membagikan dana yang ada untuk dipakai pada acara pernikahan. Biasanya uang dialokasikan untuk pesan pakaian pengantin, sewa gedung, katering, kartu undangan, kue, anggaran ke KUA, transportasi, akomodasi, serta dokumentasi.
    Penyusunan keuangan sangatlah utama karena punya pengaruh besar pada keberlangsungan acara pernikahan. Sedangkan Jabatan bendahara hendaknya dipegang oleh orang berhubungan keluarga dekat saja dan tentunya pintar mengelola dalam keuangan, hingga pemakaian uang bisa terukur. Tentunya, jika tiap-tiap pemasukan serta pengeluaran keuangan dicatat dengan baik.
  • Memastikan Seksi Humas
    Seksi humas memiliki pekerjaan untuk menghubungi beberapa orang yang berkenaan erat dengan aktivitas pernikahan seperti penghulu, ketua RT, percetakan, tukang rias pengantin, katering, hiburan, dan sebagainya. Oleh karenanya, baiknya jabatan untuk humas dipegang oleh pria supaya bisa melakukan tugasnya dengan lebih gesit. Seksi humas baiknya dipegang oleh dua atau tiga orang, tujuannya supaya mobilitas aktivitas lebih jalan lancar.

Kepanitiaan Hari H Pernikahan

Sesudah kita membuat kepanitian yang bertugas menyiapkan semua suatu hal yag terkait dengan persiapan proses pernikahan, jadi butuh juga dibuat kepanitiaan untuk melakukan tugas-tugas pada hari H-nya. Hal semacam ini sangatlah dibutuhkan supaya pada hari H-nya acara resepsi pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Adapun susunan kepanitiaan untuk hari H yaitu seperti berikut :

Ketua panitia

Ketua panitia masih tetap dibutuhkan, lantaran adalah orang yang paling bertanggungjawab pada jalannya acara pernikahan. Pekerjaan ketua panitia masih tetap sama dengan pada aktivitas pranikah yakni mengkoordinasi seluruhnya aktivitas yang berhubugan dengan acara pernikahan. Orang yang menjabat ketua panitia baiknya masih tetap sama juga dengan orang yang menjabat ketua panitia pada acara pranikah. Hal semacam ini ditujukan supaya tak berlangsung missing link pada acara pranikah dengan hari proses pernikahan.

Bendahara

Seperti pada acara pranikah, bendahara yang bertugas mengatur serta membagikan dana yang ada untuk dipakai pada acara resepsi pernikahan. Ketidaksamaannya, tugas-tugas bendahara tak akan terkait dengan beberapa hal yag berbentuk pokok seperti pengeluaran keuangan untuk pakaian pengantin, sewa gedung, katering, kartu undangan, hiburan, dan sebagainya. Pengalokasian keuangan lebih berbentuk pada beberapa hal yg tidak terduga serta berjaga-jaga.

Seksi Konsumsi

Bila Pada acara pranikah sudah ditetapkan bahwa keperluan mengkonsumsi untuk acara resepsi pernikahan bakal pesan katering, jadi pekerjaan sisi mengkonsumsi jadi enteng. Sisi mengkonsumsi cuma bertugas untuk mengecek persediaan makanan pada meja prasmanan jangan sampai habis saat sebelum waktunya selesai, terlebih bila tamu undangan masih banyak.

Diluar itu, seksi konsumsi juga mesti mengecek ketersediaan makanan yang belum di sajikan. Apakah jumlahnya masih tetap mencukupi atau tak. Bila diprediksikan jumlahnya kurang mencukupi dengan jumlah undangan, jadi seksi mengkonsumsi berkewajiban untuk selekasnya menginformasikan situasi itu pada pihak katering, ketua panitia, serta bendahara.

Sedang bila pada ketentuan pranikah ditetapkan bahwa konsumi bakal dipenuhi lewat cara memasak yang dikerjakan oleh keluarga, jadi pekerjaan seksi mengkonsumsi bakal jadi agak berat, karena tugasnya meliputi beberapa hal di bawah ini :

  • Mengecek ketersediaan bahan baku yang belum di proses.
  • Mengecek ketersediaan masakan yang telah dimasak, namun belum di sajikan di meja prasmanan.
  • Mengecek ketersediaan masakan yang telah di sajikan di meja prasmanan.
    Kalau persediaan masakan yang di sajikan, serta bahan baku yang ada di dapur juga telah nyaris habis, sedang tamu udangan diprediksikan ada banyak yang belum datang, jadi seksi konsumsi mesti selekasnya bekerjasama dengan ketua panitia serta bendahara untuk mengulas permasalahan itu.

Seksi kebersihan

Seksi kebersihan adalah seksi yang paling ribet serta repot pada hari proses pernikahan. Oleh karenanya, baiknya penanggung jawab seksi kebersihan mengangkat kian lebih 7 orang petugas untuk menolong mengangkat piring-piring yang kotor sisa makan beberapa tamu undangan untuk lalu selekasnya dicuci serta dipakai kembali.

Tetapi ada satu hal yang perlu di perhatikan oleh beberapa petugas seksi kebersihan, jadi mereka mesti di beri pengarahan jangan sempat berkesan menunggu orang makan lantaran piringnya bakal dibikin bersih. Mereka cuma diijinkan mengambil piring dimana piringnya telah disimpan serta tak ada kesan akan dipakai kembali oleh tamu undangan.

Seksi ketertiban

Seksi yg tidak kalah utama yaitu seksi ketertiban. Seksi ini bertugas untuk mengatur beberapa tamu undangan supaya tak berdesakan serta berjejalan, hingga menyebabkan ketidaknyamanan pada seluruhnya pihak. Apa lagi bila tamu wanita di pisahkan tempatnya dengan tamu pria.

Seksi ketertiban juga bertugas mengatur kendaraan yang parkir di seputar gedung, hingga mobil tamu undangan bisa keluar masuk dengan teratur serta lancar.

Mengingat upacara pernikahan adalah salah satu upacara yang sakral untuk tiap-tiap individu, jadi akan tidak rugi bila kita membuat suatu panitia pernikahan untuk terlaksananya aktivitas yang sakral itu. Anda sepakat, bukan? Semoga sekarang anda dapat sedikit gambaran betapa pentingnya pembentukan panitia pernikahan.

Topik pilihan pembaca:

  • susunan panitia pernikahan
  • kata sambutan pembentukan panitia pernikahan
  • susunan panitia pernikahan dan tugasnya
  • pidato pembentukan panitia pernikahan
  • sambutan pembentukan panitia pernikahan
  • panitia pernikahan
  • pembentukan panitia pernikahan
  • pembentukan panitia
  • sambutan pembentukan panitia resepsi pernikahan
  • kata pembuka acara pembentukan