Pengiring pengantin wanita

20260 views

Pengiring pengantin wanita

Pengiring pengantin wanita

Pengiring pengantin wanita - Gadis pengiring pengantin wanita atau yang dalam istilah barat disebut Bridesmaid adalah sekelompok perempuan muda yang belum menikah dengan mengenakan pakaian yang serupa dan selalu berada di dekat pengantin. Selain pengantin wanita, sosok para gadis pengiring mi pun memiliki pesona sendiri. Tidak heran jika para tamu sesekali mencari keberadaan para gadis pengiring dan memperhatikan tingkah lakunya.

Dalam budaya barat, bridesmaid memiliki jenjang/tingkatan berdasarkan status. Misalnya, Chief Bridesmaid atau Maid of Honour adalah gadis yang belum menikah, yang diberi tugas menjadi pemimpin pengiring pengantin. Sedangkan yang sudah menikah disebut Matron of Honour. Ada pula sebutan untuk Junior Bridesmaids, yaitu gadis muda yang belum memasuki usia siap menikah tetapi menjadi pengiring penting bagi si pengantin.

Beberapa negara di dunia, contohnya Norwegia, memilih anak perempuan yang masih kecil sebagai bridesmaid yang bertugas membawa satu keranjang berisi bunga dan menaburkannya di sepanjang jalan masuk kedua pengantin.

Biasanya, kehadiran bridesmaids di sebuab pernikahan lebih dan satu. Tidak ada pertimbangan khusus berapa jumlah pastinya bridesmaids yang dibutuhkan dalam sebuah perayaan pernikahan, tetapi semakin banyak bridesmaids, semakin pula menunjukkan kelas sosial keluarga yang merayakan pesta pernikahan tersebut.

Seringkali kehadiran bridesmaids dianggap hanya sebagai pemanis atau pendamping saja. Sebenarnya, bridesmaids memiliki peranan yang sangat penting. mulai dan proses persiapan sampai han pernikahan tersebut. Biasanya, pengantin wanita memilih sahabat atau saudara dekatnya yang sudah memasuki usia siap menikah sebagai bridesmaids. Sosok bridesmaids yang baik bukan hanya terlihat dan seberapa dekat pertemanannya dengan pengantin wanita, tetapi harus terlihat gesit dan sigap. Ditambah, pengorbanan waktu si gadis pengi ring untuk membantu mempersiapkan pesta pernikahan sakral yang akan dijalani oleh kedua pengantin.

Mendapat amanat menjadi bridesmaids merupakan sebuah kehormatan tersendiri. Artinya, Anda sangat dipercaya oleh kedua pengantin untuk terlibat langsung dalam pesta pernikahannya. Jadi, bila Anda siap ditunjuk sebagai bridesmaids, Anda pun harus siap dengan tugas-tugas bridesmaids. Berikut ini tugas-tugas dan seorang bridesmaids dalam sebuah pernikahan gaya Barat:

Persiapan Pernikahan

Pengiring pengantin wanita - persiapanMempersiapkan sebuah pernikahan merupakan proses yang sangat menyita waktu sang calon mempelai wanita. Terlebih lagi jika sang calon pengantin sendiri yang terjun langsung untuk menyiapkan segala sesuatunya. Sosok pengiring pengantin yang sangat dibutuhkan untuk kondisi tersebut.

Contohnya saja dalam memilih gaun pengantin yang akan dipakai. Hampir semua calon pengantin pasti dibuat kewalahan dengan banyaknya pilihan gaun dan paket-paket yang ditawarkan oleh vendor tersebut. Jika mengalami kondisi tersebut, Tugas bridesmaids, yaitu menyarankan dan mengingatkan kepada calon pengantin agar memilih gaun pengantin atau paket yang sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Contoh lainnya mengenai penetapan lokasi pesta pernikahan. Pemilihan lokasi pernikahan dengan mengunjungi dan satu tempat ke tempat yang lainnya menjadi sebuah hal yang menyita banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika lokasi tersebut berjauhan.

Sebagai bridesmaids, Anda dapat menawarkan din kepada calon pengantin untuk mengantarnya memilih lokasi pernikahan. Hal mi disebabkan agar calon pengantin wanita dapat memilih dengan sebaikb aiknya lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat berlangsung pesta pernikahannya.

Sebagai bridesmaids, segala sesuatu yang sedang disiapkan oleh calon pengantin, ada baiknya Anda pun turut mengetahui. Mintalah kepada calon pengantin untuk memperkenalkan Anda sebagai bridesmaids dan
komunikator kepada para vendor terkait. Hal ini dikarenakan supaya tugas dan beban yang dipikul oleh calon pengantin bisa terbagi oleh para bridesmaids. Di satu sisi, ada beberapa urusan yang juga sama pentingnya dan harus dikerjakan oleh calon penngantin tersebut, misalnya seperti perizinan untuk menikah.

Hari Pernikahan
Pengiring pengantin wanita - hari pernikahanTugas seorang bridesmaids bukan hanya pada persiapan pernikahannya saja. Justru di hari H pernikahan, calon pengantin lebih membutuhkan sosok bridesmaids. Tidak jarang calon pengantin terlihat panik di saat menghadapi hari istimewa telah ia tunggu-tunggu. Apalagi ketika menjelang prosesi akad nikah ataupun pemberkatan. Saat itulah waktunya Anda sebagai bridesmaids untuk menyemangati calon pengantin. Berikan sugesti yang positif dan ceritac erita santai supaya calon pengantin menjadi lebih tenang dan siap secara lahir batin untuk menyambut hal-hal baru yang akan dijalaninya.

Misalnya, Anda bisa ceritakan tentang pertemuan pertama Anda dengan calon pengantin, hal-hal lucu semasa pertemanan, atau kisah asmara calon pengantin dengan pasangannya yang sebentar lagi akan menjadi suaminya.

Selain itu, Anda pun bisa membantu pihak keluarga dengan menyapa ramah para tamu yang datang. Terlebih lagi jika tamu tersebut kerabat dekat calon pengantin yang tentunya Anda kenal juga. Anda bisa mengajak para tamu berbincang ringan sambil menunggu acara dimulai. Namun, jika acara akan dimulai, pastikan bahwa din Anda sudah berada di dekan calon pengantin dan siap membantunya selama acara berlangsung.

Malam harinya, saat resepsi pernikahan, sosok bridesmaids masih dibutuhkan untuk mengiringi kedua pengantin memasuki ruangan pesta dan menyapa para tamu yang hadir. Buatlah para tamu tersebut merasa nyaman di pesta tersebut dengan memperlakukan mereka seperti tamu di pesta Anda sendiri.

Pengiring Pengantin Dalam Budaya Indonesia
Pengiring pengantin wanita - indonesiaBerbeda dengan kebudayaan barat, gadis pengiring pengantin di Indonesia memiliki sebutan dan makna yang berbeda-beda di setiap adat. Di dalam adat Jawa, sebutan pengiring pengantin dikenal dengan istilah Putri Domas atau dayang-dayang bagi seorang ratu sehari. Putri domas merupakan dua orang gadis belia yang mengiringi pengantin wanita menuju pelaminan dengan membawa Kem bar Mayang berukuran kecil.

Sedangkan untuk adat Minang, pengiring pengantin disebut Pagar Ayu (perempuan) dan Pagar Bagus (laki-laki). Biasanya Pagar Ayu dan Pagar Bagus terdiri 6 pasang dan berpakaian seragam lengkap dengan menggunakan Sunting atau Tanduk yang disesuaikan.

Begitu pun dengan para gadis pengiring pengantin pada adat Lampung, yang bertugas mengiringi sang pengantin perempuan sejak upacara Turun Mandi hingga acara resepsi digelar.

Topik pilihan pembaca:

  • tugas pagar ayu
  • pengiring pengantin
  • putri domas pengantin
  • putri domas
  • domas pengantin
  • pengiring pengantin adat jawa
  • pendamping pengantin wanita disebut
  • tugas pagar ayu dalam pernikahan
  • seragam pagar ayu
  • domas manten