Mengenal Ciri Khas Undangan Pernikahan Islami

18589 views

undangan pernikahanUndangan pernikahan Islami - Salah satu ciri khas yang nampak saat bakal dikerjakan acara Resepsi pernikahan Islami adalah undangan pernikahan Islami untuk keluarga, rekan, tetangga, serta tokoh agama. Dalam ajaran Islam diperintahkan mengundang orang yang di kenal supaya pasangan pengantin beroleh doa serta restu dari tamu undangan tersebut. Di segi lain, tamu undangan juga rasakan kebahagian yang sama seperti pasangan ke-2 mempelai.

Menurut beberapa ulama, dengan mengundang tamu ada dalam prosesi pernikahan mempunyai tujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar kerabat serta rekan-rekan sesama muslim. Tali persaudaraan jadi abadi dengan penuh kasih sayang serta cinta sesama muslim yang dimaksud dengan arti (ukhuwah islamiyah). Selain itu, diterangkan bahwa maksud mengundang tamu pernikahan adalah menghadirkan kebaikan bertetangga serta sama-sama mendoakan untuk mengharap ridho Allah SWT supaya di beri kehidupan yang tambah baik.

Apa saja sih isi undangan pernikahan Islami ? seperti layaknya undangan pernikahan, hanya saja disertai pemakaian kalimat Islami serta hiasan yang elok bernuansa Islam.

1. Pemakaian Kalimat Islami
Poin-poin utama yang ada diantaranya pemakaian kalimat Islami. Hal semacam ini lazim ditemui didalam undangan, misalnya pemakaian kalimat Basmallah di sisi awal undangan pernikahan. Setelah itu, ciri lain dari undangan pernikahan Islami, tercermin dari pemakaian kalimat sapaan seperti assalamu’alaikum diikuti dengan kalimat puja-puji sukur kehadirat Alloh SWT, dan kalimat Islami yang lain.

2. Penggalan Ayat Suci Al-Quran serta Hadis
Tak ketinggalan juga penggalan ayat suci Al-Quran yang tercantum di dalam isi undangan pernikahan Islam. Misal ayat Al-Quran yang kerap nampak adalah Surat Ar-Rum Ayat 21, yang berbunyi “ Serta di antara sinyal tanda kekuasaanNya adalah Dia membuat untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, agar kamu condong serta terasa tenteram kepadanya, serta dijadikanNya diantaramu rasa kasih serta sayang. Sebenarnya pada yang demikian itu betul-betul ada tanda tanda bagi golongan yang memikirkan ”.

Surat Ar-Rum Ayat 21 menuturkan bahwa hadirnya pasangan dalam kehidupan adalah salah satu sinyal tanda kekuasaan Allah Yang Maha Pengasih. Rasa sukur pasangan pengantin atas karunia yang didapatkan Allah bisa diwujudkan lewat cara menuliskan surat tersebut di undangan pernikahan Islam. Dengan demikian, beberapa tamu undangan ikut tahu serta rasakan sinyal tanda kebesaran Allah di muka bumi ini.

Terkecuali cuplikan ayat suci Al-Quran, isi undangan juga berisi hadits yang terkait dengan penikahan maupun doa pernikahan. Misal hadits yang kerap menghiasi halaman undangan penikahan adalah berbunyi, “ Dunia ini jadikan Allah penuh perhiasan, serta sebaik-baik perhiasan hidup yaitu istri yang sholihah. ” (Hadits Kisah Muslim).

Kalimat lainnya yang juga penuh makna adalah, “ Rasulullah Saw bersabda pada Ali Ra : “Hai Ali, ada tiga perkara yang jangan sampai kamu menunda melaksanakannya, yakni shalat jika tiba waktunya, jenazah apabila telah siap penguburannya, serta wanita (gadis atau janda) apabila ada lelaki sebanding yang meminangnya” (Hadits Kisah Ahmad)

3. Hiasan yang Berbentuk Mozaik
Dari sisi design, undangan pernikahan Islami ini terbagi dalam hiasan atau ornament yang berbentuk sulur atau mozaik. Pemakaian photo yang lazim ditemui di undangan diminimalisir bahkan juga di hilangkan dalam undangan pernikahan Islam. Oleh karena itu, umumnya design undangan islami didominasi oleh ornament tumbuhan serta hiasan-hiasan yang lain.

Persiapan Pernikahan.

Pernikahan tidak cuma perihal masalah undangan saja ataupun pesta dengan semua hingar-bingarnya.  Persiapan untuk menikah antara 2 sejoli jauh lebih penting. Setiap pasangan pasti tidak mau rajutan rumah tangga berhenti ditengah jalan semeriah apapun pestanya serta di hadiri tamu-tamu utama.

Menurut ajaran Islam, persiapan pernikahan sangatlah penting agar terbina keluarga yang sakinah mawadah warrohmah. Satu hal sebagai persiapan menikah menurut Islam adalah kesamaan misi serta visi diantara ke-2 pasangan. Menikah seperti dua orang dalam satu kapal, dimana ke-2 orang itu berlayar menuju titik pemberhentian yang sama.

Persiapan mental baik calon suami ataupun calon istri haruslah benar benar matang dan kuat. Untuk calon suami harus bersiap jadi seseorang pemimpin serta imam yang bertanggungjawab mengkomando tiap-tiap napas kehidupan keluarga. Menafkahi keluarga serta jadi suami soleh tak kalah utamanya dengan menyiapkan mental dengan cara optimal.

Di segi lain, calon istri mesti mengerti hadirnya pemimpin dalam kehidupan rumah tangga yang bakal ditempuh. Calon istri mesti menumbuhkan rasa hormat serta menghormati calon suami dengan semua latar belakangnya kelebihan dan kekurangannya. Tak lupa memohon pada Allah Swt supaya dimudahkan untuk menjadi istri solehah.

Peran sosial baru bakal dihadapi oleh pasangan dengan status juga sebagai suami serta istri. Diperlukan pembiasaan supaya dua keluarga bisa menyatu lewat pendekatan pada keluarga pasangan saat sebelum menikah Waktu telah masuk mahligai rumah tangga peran sosial itu tak akan susah diaplikasikan serta tak perlu saat cukup lama.

Perlu Diwaspadai

Beberapa hal yang perlu di hindari jika perlu, agar proses persiapan pernikahan secara Islam berjalan sesuai keinginan anda:

  1. Bikin undangan elegan dengan dan mahal yang sebenarnya hanya akan berujung di tempat sampah. Tentukan jenis undangan yang berikan faedah untuk penerimanya, umpamanya undangan berbentuk himpunan doa atau saran-nasehat baik untuk melakukan kehidupan.
  2. Melakukan session photo pra-nikah berbarengan pasangan yang malah memperoleh murka dari Allah SWT dan menghalangi keberkahan.  Islam melarang 2 orang yang belum menjadi mahrom untuk bermesraan, terlebih jika itu diabadikan dengan niatan untuk dipertontonkan orang banyak.
  3. Tak perlu membanggakan diri dengan menyebutkan gelar akademis, gelar kehormatan, jabatan, dan satu hal yang tak ada kaitan dengan pernikahan di undangan. Pernikahan bukanlah fasilitas memperoleh kebanggan dari perkataan orang lain ataupun acara casting jadi calon bintang sinetron.
  4. Hindari kemewahan dalam penyelenggaraan resepsi pernikahan lantaran tidak menggaransi keutuhan serta kebahagiaan rumah tangga. Kesederhanaan penuh tawadhu’ dibarengi harapan beroleh doa-doa tulus pada Allah Swt hingga mendatangkan kebahagiaan dalam rumah tangga.
  5. Hindari aktivitas hiburan terlalu berlebih yg tidak layak di nikmati seperti mengundang penyanyi dangdut atau jadi tarian perut ala Arab. Penyelenggaraan walimah ursy yaitu menyampaikan kabar pernikahan dan menyimpan doa keberkahan dari undangan sungguh aneh jika dicampur adukan dengan kegiatan yang justru dibenci Allah SWT.
  6. Singkirkan aktivitas ritual yang bikin Allah SWT murka seperti adanya Sesajen, pawang hujan, perhitungan hari baik, dan ritual lain yang tidak rasional serta tak relevan dalam agama.

Saya cukupkan dulu ya guys pembahasan panjang lebar mengenai undangan pernikahan Islami ini semoga bermanfaat dan tak lupa saya ucapkan selamat menempuh hidup baru ..

Topik pilihan pembaca:

  • kata kata undangan pernikahan islami lengkap
  • kata kata undangan pernikahan islami
  • contoh isi undangan pernikahan
  • contoh isi undangan pernikahan islami
  • contoh Undangan pernikahan islami
  • isi undangan pernikahan
  • isi undangan pernikahan islam
  • kata2 undangan pernikahan islami
  • contoh isi undangan
  • kata-kata undangan pernikahan islami