Mengenal Ciri Khas Undangan Pernikahan Ala Betawi

3957 views

Mengenal Ciri Khas Undangan Pernikahan Ala Betawi

Mengenal Ciri Khas Undangan Pernikahan Ala Betawi

Mengenal Ciri Khas Undangan Pernikahan Ala Betawi - Rumahnikah

Pernikahan yaitu suatu momen sakral yang berlangsung dalam kehidupan seorang. Gerbang pernikahan bakal mengubah status seorang jadi suami atau istri yang bermakna mempunyai tanggung jawab baru dalam kehidupannya berumah tangga. Acara pernikahan umumnya di gelar sesuai sama kebiasaan serta kebiasaan si pengantin, sesuai sama daerah aslinya.
Sebut saja Betawi. Suku yang satu ini mempunyai acara pernikahan yang unik. Ada beragam step yang perlu dilewati sang mempelai saat sebelum masuk acara inti yakni tahap pernikahan.
Upacara pernikahan kebiasaan Betawi dikerjakan sesuai sama hukum Islam. Tiap-tiap pemuda serta pemudi Betawi bebas pilih siapapun yang bakal jadikan pasangan hidupnya, tetapi mesti dibawah restu dari ke-2 orangtua.
Perjumpaan pada ke-2 calon pengantin umumnya dibantu oleh seseorang penghubung yang dimaksud mak comblang Sebagai mak comblang dapat datang dari keluarga, seperti paman atau tante (encang serta encing). Sistem ini umum juga dimaksud ngedelengin, yakni temukan kecocokan pada ke-2 calon pengantin.
Sesudah lewat step perjumpaan atau penjajakan, dan dilanjutkan dengan step selanjutnya yakni lamaran.

Lamaran

Lamaran yaitu pernyataan resmi dari pihak lelaki pada keluarga pihak wanita untuk meminta si wanita jadi menantu sekalian istri untuk anaknya (si lelaki). Yang diutus untuk lakukan lamaran umumnya bukanlah segera orangtua lelaki, tetapi keluarga dekatnya.
Ada barang-barang yang perlu dibawa saat melamar. Beberapa barang itu terbagi dalam : pisang raja sejumlah dua atau tiga sisir, sirih lamaran, roti tawar sejumlah empat buah, sebagian jenis buah-buahan, dan hadiah sebagi pelengkap.

Bawa Tande Putus

Tande putus berarti suatu hal yang didapatkan pada calon pengantin wanita juga sebagai sinyal pengikat yang umumnya berbentuk cincin rotan. Acara bawa tande putus ini dikerjakan 1 minggu sesudah acara lamaran.
Di kesempatan ini dibicarakan banyak hal tentang mahar, piranti yang bakal dipakai pengantin saat resepsi, banyak undangan, dan beragam persiapan acara pernikahan yang lain.

Seserahan

Seserahan adalah sistem penyerahan duit berbelanja pada pihak wanita yang bakal dipakai untuk beli semua jenis kepentingan pernikahan. Terkecuali duit berbelanja, pihak lelaki juga menyerahkan duit juga sebagai hadiah untuk calon pengantin wanita. Duit hadiah ini dimaksud juga duit sembah. Duit ini diberikan dengan memakai sirih dare, yakni tempat berupa kerucut yang terbuat dari anyaman daun sirih.

Hari H – Acara Pernikahan

Dalam kebiasaan khas Betawi, kehadiran rombongan pria disambut dengan nada rentetan petasan dan lagu shalawat yang diiringi musik rebana. Rombongan pria dengan membawa bermacam makanan khas betawi dan buah-buahan, serta tidak lupa roti khas betawi, yakni roti buaya.
Lalu acara dilanjutkan dengan prosesi " buka palang pintu ". Buka palang pintu adalah acara berbalas pantun pada rombongan lelaki yang datang juga sebagai " tamu agung " dengan tuan rumah, yakni pihak wanita.
Pantun umumnya diisi penjelasan tentang maksud kehadiran pihak lelaki ke rumah pengantin wanita. Setelah usai berbalas pantun, prosesi diikuti dengan pertunjukan silat ala Betawi dari semasing keluarga.

Topik pilihan pembaca:

  • contoh kata-kata undangan bungkus-bungkus
  • kata-kata isi undangan pernikahan bahasa betawi