Mempersiapkan Pernikahan Untuk Muslimah

4311 views

Mempersiapkan Pernikahan Untuk Muslimah

Muslimah yang telah cukup umur untuk mengambil langkah berkeluarga, yang pasti sangatlah merindukan hadirinya pasangan hidup. Tentunya pernikahan seorang muslimah itu mesti disiapkan dengan cara matang-matang, baik mental, fisik, hingga permasalahan baju.

Sebagian landasan seseorang muslimah untuk menikah diantaranya lantaran mau melindungi kehormatannya. Seseorang Muslimah yang telah berkeluarga tentu lebih terbangun kehormatannya, dibanding dengan Muslimah yang belum menikah.  Landasan seseorang Muslimah menikah juga sebagai bukti ketundukan kepada Allah serta Rasul-Nya,hal itu sesuai dengan hadits Rasulullah saw,

“Barangsiapa menikah (beristeri) jadi dia sudah membuat perlindungan (terhadap) separuh agamanya, karenanya sebaiknya dia bertakwa pada Allah dalam pelihara yang separuhnya lagi. ” (HR. Al Hakim serta Ath-Thahawi).

Seberapa jauh seorang muslimah menjalani kehidupan pribadinya, mengejar karir dan pendidikan yang tinggi tidak akan pernah bisa lari dari kodratnya yaitu menjadi pendamping hidup seorang lelaki dan memiliki penerus garis keturunannya.

Setiap muslimah yang sudah memutuskan untuk menikah hendaknya segera mempersiapkan diri, membekali diri dan terus memperbaiki kualitas pribadinya. Mengabdikan diri kepada pasangan hidup dan keluarga membutuhkan pengorbanan yang besar dan ini adalah kunci kelanggengan pernikahan.

SetWidth200-rumahku-surgaku-acc2Persiapan Pernikahan Muslimah

Untuk tiap-tiap muslimah yang merencanakan untuk menikah, terdapat banyak hal yang butuh di perhatikan serta disiapkan, yakni.

Kesiapan Mental

Seseorang Muslimah terkadang membutuhkan momen yang tepat untuk menyebutkan bahwa dirinya siap menjalani kehidupan pernikahan. Kadang-kadang, ia terasa gelisah ketika dihadapkan oleh kenyataan bahwa suatu saat dia harus menikah, ada yang begitu mudahnya memutuskan menikah diusia dini tapi untuk sebagian wanita ada yang terus menunda keputusannya untuk menikah.

Kesiapan mental ini berkaitan erat dengan ilmu yang dimilikinya baik itu ilmu agama atau ilmu berupa pengalaman masa lalu serta lingkungan tempatnya dibesarkan. Bila seseorang muslimah memiliki pengalaman tidak mengenakkan dalam keluarganya, boleh jadai hal semacam ini mempengaruhi penilaiannya terhadap kehidupan pernikahan.

Oleh karenanya,  dukungan yang positif dari keluarga bagi seseorang muslimah, terutama dari ibunya diperlukan. Pendekatan dengan cara emosional cukup jitu dalam menciptakan situasi yang serasi serta nyaman, sehingga ia bakal terasa tenang serta nyaman melangkah menuju sebuah gerbang pernikahannya.

Kesiapan Ilmu

Hal terpenting yang harus disiapkan adalah kesiapan pengetahuan, yang bagi seorang muslim adalah sebagai kesiapan pemahaman ilmu yang bersangkutan dengan sebuah hukum-hukum fikih pernikahan, hak serta kewajiban antara suami istri. Kembali, kondisi jaman yang membuat begitu mudahnya kita menyerap informasi, terkadang justru memberi pemahaman yang salah berkaitan dengan hak dan kewajiban tersebut. Kesalahan pemahaman yang terjadi akan berakibat jalannya biduk rumah tangga mengalami banyak masalah. Solusi untuk ini adalah belajar bagaiman Islam mengatur hak dan kewajiban masing masing.

Dibeberapa kesempatan ketika sedang di toko buku saya melihat muslimah muda mencari buku buku tentang pernikahan, nah tidak ada salahnya jika anda mengkoleksi beberapa buku yang membahas tentang pernikahan dalam Islam.

Beberapa buku berikut dapat dijadikan resensi untuk menambah wawasan anda mempersiapkan pernikahan :

1. Buku Panduan Keluarga Sakinah ( penulis : Yazid bin Abdul Qadir Jawas )

2. Bagaimana Menjadi Istri Shalihah Dan Ibu yang Sukses? ( penulis : Ummu Ibrahim Ilham Muh.Ibrahim )

Fisik yang Sehat

Tiap-tiap pasangan yang bakal menyelenggarakan pernikahan, dituntut mempunyai kondisi fisik yang sehat. Kesehatan fisik yang kami maksud adalah kemampuan untuk memperoleh keturunan, lantaran meneruskan garis keturunan juga merupakan salah satu tujuan pernikahan. Dewasa ini dengan gaya hidupnya modern maka tantangan  bagai seorng wanita untuk hidup sehat tidaklah mudah. Informasi dari dunia kesehatan memberitakan bahwa kemampuan untuk bereproduksi di jaman sekarang lebih sulit dibanding masa masa sebelumnya

Rasulullah saw. bersabda, “Nikahlah dengan wanita yang mencintaimu serta yang dapat beranak. Sebenarnya saya bakal membanggakan anda juga sebagai umat yang paling banyak. ” (HR. Abu Dawud)

Bagi umat Islam hadis serupa di atas menjadi panduan bagi pria dalam memilih pasangan, sekalipun mungkin bagi anda tidak mensyaratkan haruslah memiliki banyak anak, namun kemampuan memiliki keturunan tidak bisa dipungkiri menjadi penting.

Nah bagi anda yang sudah memiliki calon pasangan hidup, mulailah menata diri sedini mungkin. Semakin cepat anda menyadari pentingnya persiapan menuju pernikahan maka semakin banyak waktu anda untuk mengejar kekurangan yang mungkin ada. Percayalah, jika anda berpendapat bahwa seorang pasangan hidup harus mau menerima diri kita apa adanya tanpa anda berusaha meningkatkan kualitas, maka anda bagaikan menaruh telur di ujung tanduk.

Jadi jika boleh meminjam kata kata motivator Mario Teguh ; "Kita harus memantaskan diri" maka..yuuk kita kejar

Nah tanpa bermaksud menggurui semoga artikel berjudul Mempersiapkan Pernikahan Untuk Muslimah ini bermanfaat . Terima kasih sudah bersedia menyimak artikel ini

 

 

Topik pilihan pembaca:

  • dp bbm rumahku surgaku
  • dp bbm rumahku istanaku
  • dp keluarga sakinah
  • gambar wanita muslimah menikah
  • gambar dp rumahku istanaku
  • dp rumahku surgaku
  • dp rumahku istanaku
  • dp bbm gambar muslimah
  • dp islami menuju nikah
  • dp bbm keluarga sakinah