Masa Iddah Perceraian

1437 views

Masa Iddah Perceraian

Masa Iddah Perceraian - Ladies, iddah yaitu saat menanti dari wanita yang bercerai atau ditinggal wafat oleh suaminya. Waktu lewat saat iddah, dia dilarang untuk meninggalkan rumah maupun menikah lagi.

Masa Iddah Perceraian

Seperti ditulis purematrimony. com, untuk wanita yang lewat iddah lantaran perceraian, lama saat iddahnya ditata seperti berikut.

  1. Wanita yang diceraikan dalam situasi hamil, jadi saat iddahnya yaitu hingga dia melahirkan.
  1. Wanita yang diceraikan dalam situasi haidh, jadi saat iddahnya yaitu tiga kali haidh.
  1. Wanita yang diceraikan tetapi tak alami haid (terlampau kecil serta belum haid atau wanita yang telah menopause serta tak akan memperoleh haid), jadi saat iddahnya yaitu 3 bln..
  1. Wanita yang dicerai waktu belum sekalipun disetubuhi, jadi dia tak mempunyai saat iddah.
  1. Jika wanita dicerai suami, serta saat dia lakukan saat iddahnya itu suaminya wafat, jadi :

- Jika talak yang dijatuhkan yaitu talak raj’i (bisa ditarik kembali), dia mesti meninggalkan iddah perceraiannya, serta lakukan iddah lantaran kematian suami yakni 4 bln. 10 hari, terhitung mulai hari kematian suaminya.

- Jika talak ba’in yang dijatuhkan (talak yang tidak bisa ditarik kembali) waktu suaminya masih juga dalam situasi sehat, jadi saat iddah wanita itu yaitu iddah perceraian, yakni tiga kali haid. Tak ada iddah lantaran kematian suami.

- Jika talak ba’in waktu suami telah dalam situasi sakit (yang mematikan), serta talak itu yaitu usul dari si istri, jadi saat iddahnya yaitu iddah perceraian, tiga kali haid. Tak ada iddah kematian suami.

- Tetapi, jika talak ba’in waktu suami telah dalam situasi sakit kronis serta bukanlah atas usul si istri, jadi dia mesti pilih saat iddah yang paling lama (pada hingga melahirkan jika dia tengah hamil, tiga kali haid untuk iddah perceraian waktu tak hamil, atau iddah kematian yakni 4 bln. 10 hari).

Tags: #spin