Liburan Bersama Keluarga Asiknya Gak Ketulungan

1519 views

Liburan bersama keluarga penting sekali dalam pernikahan. Setidaknya keluarga di sini adalah keluarga inti yang terdiri dari: suami, istri dan anak. Aktifitas yang padat bagi seorang suami dengan pekerjaan yang bejibun dari senin-jum’at. Sedangkan istri sebagai ibu rumah tangga yang baik, yang kehidupannya melingkupi sekitar rumah saja, sehingga suntuk kapan waktunya ia melihat alam luar.

Dan anak yang setiap hari sekolah, dengan PR yang tiada henti-hentinya, liburan bersama keluarga adalah solusi yang paling tepat.
Untuk Anda pasangan yang baru menikah, Anda bisa melakukan hal kecil bersama suami Anda. Baca di “Melakukan Hobi bersama suami bikin ketagihan. Masa sih?.” Nah, bagi Anda yang sudah lengkap anggota keluarganya, wajib dan kudu untuk merencanakan liburan bersama keluarga kecil Anda.

Untuk melakukan liburan bersama keluarga coba dulu dengan mengunjungi tempat terdekat. Yang di mana tempat tujuan ini, memberikan pembelajaran kepada anak Anda. Inilah pentingnya liburan saat sudah mempunyai anak, yaitu merencanakan tempat yang beredukasi bagi anak. Setidaknya, Anda bisa melakukan liburan bersama keluarga Anda minimal 2 minggu sekali.

Liburan bersama keluarga asiknya gak ketulungan

Tips Liburan Bersama Keluarga Hemat dan Asik

Keengganan para pasangan yang sudah memiliki anak untuk melakukan liburan bersama keluarganya adalah belum ada uang yang cukup. Dikiranya liburan kayak beli motor kali ye. Heehe. Sebenarnya alasan keuangan adalah bukan alasan dominan, tetapi yang membuat tertundanya liburan adalah kurangnya waktu luang bersama keluarga.

Berikut tips agar liburan Anda benar-benar terlaksana sesuai rencana Anda:

1. Memanfaatkan tanggal merah/weekend

Jika Anda, para suami belum memberikan hak kepada anak dan istri Anda dalam hal liburan. Hehe. Tidak ada kata terlambat bagi Anda. Mulai hari ini, carilah tanggal merah atau weekend. Sibukkanlah diri Anda dengan anak dan istri.

Jika liburan yang Anda tempuh adalah perjalanan jauh ataupun berhari-berhari, maka Anda siap-siap izin ke bos Anda di kantor. Nah, daripada berisiko, lebih baik cari tempat yang terdekat saja, sehari cukuplah untuk liburan bersama keluarga Anda.

2. Hemat biaya dan waktu

Bagi Anda yang berdomisii di Jakarta dst, efektifitas waktu sangat penting. Karena Jakarta terkenal dengan kemacetannya. Jangan sampai Anda menghabiskan waktu Anda dengan berlama-lama di jalan. Jadi sebaiknya gunakan transportasi yang hemat dan nyaman bagi keluarga Anda, jika perjalanan yang Anda tempuh melewati wilayah Jakarta. Misalnya ke kebun raya Bogor. Gunakan saja kereta api sebagai alat transportasi keluarga Anda. Jika weekend atau tanggal merah yang Anda pilih sebagai hari liburan Anda, sebaiknya Anda berangkat lebih pagi dan pulangpun lebih awal, agar ketika di kereta Anda tidak perlu berdesakan dan bisa beristirahat dengan nyaman.

3. Planning yang bermanfaat

Menyusun rencana ini sangat penting sekali agar Anda tidak terlalu kesorean saat pulang, dan Anda bisa lebih tertuju di tempat liburan, keluarga Anda akan ngapain. Jangan sampai cuma mondar-mandir mengelilingi kebun raya Bogor. Hehe.

Sebaiknya Anda dan istri Anda membuat planning yang bermanfaat untuk anak Anda. Misalnya Anda menciptakan permainan: tanaman apa saja yang sudah dilewati. Catat sebanyak-banyaknya tanaman yang kalian temui, dll. Dengan begitu ada pelajaran yang Anda peroleh dan anak Andapun semakin smart, karena dididik oleh orangtua yang smart seperti Anda.

Semakin berjalannya waktu, usia semakin bertambah, anak lebih dari satu dan sudah besar-besar. Tetaplah gunakan waktu Anda bersama suami/istri dan anak-anak Anda, selagi Anda mempunyai waktu luang. Anak-anak Anda akan selalu mengingat apa yang terjadi saat liburan, pelajaran apa yang di dapat saat liburan, sehingga ketika anak Anda sudah memiliki keluarga sendiri, dia akan menyempatkan waktu untuk anak dan istrinya karena mencontoh dari Anda sebagai orangtuanya.

Seberapun serunya liburan Anda bersama keluarga, jangan hanya diambil senang-senangnya saja. Selama perjalanan menuju tempat liburan sampai pulang ke rumah, harapannya: Anda mampu mengambil setiap pelajaran positif dan menjadikan Anda semakin dewasa dalam hidup. Inilah liburan bersama keluarga yang sesungguhnya. Bukan cuma hura-hura, dapet oleh-oleh, mengunjungi tempat yang indah, itu hanyalah nikmat yang sementara. Nikmat yang sesungguhnya dengan adanya liburan tersebut adalah Anda semakin dekat dengan anak dan keluarga Anda.

Selamat berlibur. 😉