Ketika Istri Marah. Inilah Cara Suami Cerdas Mengatasinya!

1828 views

Ketika istri marah kadangkala suami masih bertindak gegabah atas apa yang terjadi pada istrinya. Banyak lelaki yang ‘takut’ ketika istrinya marah. Bukan takut menurut artian kita loh ya. Tetapi, suami takut kepada janjinya kepada Allah, bahwa dia sudah mengatakan siap untuk menempuh hidup bersama dalam suka dan duka. Jika istri sampai menunjukkan kemarahannya, berarti ada sesuatu yang salah pada suami.

Ketika istri marah pasti ada sebab dari itu semua. Kaum Adam sering menyepelekan atas apa yang terjadi di sekitarnya, termasuk istri. Hehe. Bukan karena suami Anda tidak peduli, tapi begitulah cara berpikirnya. Jauh berbeda dengan kaum hawa. Tetapi, hanya suami cerdas yang mampu mengatasi istrinya ketika marah.

Apakah Anda suami cerdas tersebut? Semua suami berkesempatan memberikan komunikasi terbaik bagi istri, apalagi dalam hal-hal kecil yang bisa berdampak besar. Yaitu ketika istri Anda marah. Jika para suami tak mampu mengatasi ketika istrinya marah, kemungkinan ada kesenjangan dalam rumah tangga. ditambah lagi sang istri marah dengan level tinggi. Berabe tuh. Ternyata marah juga memiliki level-level. Level terendah, di mana level ini akan cepat mereda. Anda pasti lebih paham bagaimana kemarahan istri Anda.

Jika Anda masih pengantin baru tanpa ada hubungan pacaran sebelumnya, tak perlu khawatir akan rentannya kerusakan hubungan Anda. Ini hanyalah gosip. Hehe. Karena Anda tidak pernah berpacaran sebelumnya, Anda akan saling memperlakukan dengan spesial. Yah namanya juga belum pernah pacaran sebelumnya. Akan saling memberikan yang terbaik. Memaklumi kekurangan satu sama lain. Istri masih belum kelihatan uring-uringannya jika suami mempunyai kesalahan. Masih mendiamkannya dan berkata: “Namanya juga manusia, tak apa jika melakukan kesalahan.” Sangat anggun sekali sang istri menanggapi. Untuk para suami jangan sampai terlena atas sikap istri yang seperti itu. Selembut-lembutnya wanita, kalo marah tetap saja menakutkan.

So, para suami cerdas harus mempersiapkan ilmu penangkas marah. Karena, suatu saat nanti istri Anda akan marah, entah itu setahun sekali, sebulan sekali, seminggu sekali, apalagi tiap hari. Hehe. Berarti Anda harus belajar ekstra menyusun perkataan manis ke istri. Marah tiap hari tidak akan terjadi kok pada istri Anda, karena para istri ingin tetap muda. Loh, kan katanya marah itu mempercepat penuaan. Haha.

Ketika Istri Marah Inilah Cara Suami Cerdas Mengatasinya

Ketika Istri Marah, Gunakan 7 Trik Ini!

Menikah itu seperti sekolah. Banyak yang harus dipelajari. Banyak-banyak membaca. Banyak yang harus dikorbankan. Termasuk mengorbankan waktu untuk mengatasi istri marah, mengorbankan ego dan mengorbankan lain-lainnya. Para psikolog memberikan nasehatnya kepada para suami, apa cara terbaik yang harus dilakukan ketika istri menunjukkan kemarahannya:

1. Jangan pernah menunggu istri Anda untuk memulai pembicaraan. Ketika Anda sebagai suami dengan peduli dan perhatian terhadap istri untuk mengawali pembicaraan, langkah ini akan mengurangi tekanan emosi dengan efektif sampai 50 %, ungkap John Gray.

2. Ketika istri marah, Anda tidak berhak untuk membalasnya dengan kemarahan. Anda sebaiknya membiarkan sang istri untuk berbicara, mendengarkan perasaan-perasaannya, serta keluhan-keluhannya.

3. Kita tahu bahwa fitrah sebagai manusia, jika tidak merasa melakukan kesalahan, maka kita akan membela diri habis-habisan. Jika Anda para suami sebagai tersangka ingin menyela, membela diri atau meluruskan suatu fakta, sebaiknya Anda tahan keinginan Anda untuk memberikan penjelasan tersebut kepada istri.

4. Ketika Anda tidak tahu apa yang harus dikatakan, sebaiknya jangan mengatakan apapun kepada istri. Di saat para suami tidak mampu mengatakan hal-hal yang positif, langkah terbaik adalah diam.

5. Jika istri Anda diam dan tidak mau melakukan pembicaraan, maka Anda sebaiknya mengajukan pertanyaan-pertanyaan agar sang istri mau membuka diri. Jangan melawan diamnya dengan diam, istri akan merasa diabaikan.

6. Meski Anda sebagai suami sudah melakukan kebenaran, jangan pernah menghakimi perasaan istri Anda.

7. Cara terakhir adalah tetaplah tenang untuk mengunci reaksi-reaksi kita. Gantilah respon Anda dengan menunjukkan kepedulian, pemahaman, dan penerimaan. Sekali saja Anda menunjukkan reaksi perasaan-perasaan Anda, segala tindakan positif yang sudah Anda bangun dari awal akan sia-sia. Jangan sampe deh.

7 trik di atas sudah tertulis dalam buku yang membahas untuk mengasah kepekaan cinta dalam pernikahan. Langkah tersebut adalah langkah awal Anda untuk memulai proses pembelajaran demi menempuh kehidupan pernikahan yang abadi. Suami cerdas akan melakukan apa saja demi keutuhan rumah tangganya. 😉

Topik pilihan pembaca:

  • suami cerdas
  • cara mengatasi istri marah besar
  • istri marah
  • ketika istri marah
  • Cara menghadapi istri marah
  • mengatasi istri marah
  • menghadapi istri marah
  • cara meredakan istri marah
  • Cara menghadapi istri yang marah
  • cara mengatasi istri diam krn marah