Hantaran lamaran dalam adat Jawa

53505 views
seserahan pernikahan

Hantaran lamaran

Hantaran lamaran dalam adat Jawa itu seperti apa sih, ketika anda dalam proses persiapan pernikahan dan mencoba mencari segala informasi di internet akan ada berapa istilah yang berbeda beda. Bisakah membedakan makna peningset dan seserahan atau hantaran pernikahan. Dua istilah berbeda maknanya walaupun keduanya sama sama barang bawaan ketika proses lamaran dalam adat jawa.

Peningset adalah bawaan ketika lamaran yang berupa benda kebutuhan yang dikenakan di tubuh calom mempelai wanita. Isi dari peningset adalah semua yang dikenakan mulai ujung rambut hingga kaki. Sedangkan seserahan atau yang juga dikenal dengan hantaran lamaran adalah seluruh barang bawaan termasuk di dalamnya peningset. Nah sudah bisa membedakan ya, apa beda antara peningset dan seserahan pernikahan.

Peningset untuk lamaran

hantaran lamaranDalam mempersiapkan peningset ini sebaiknya diserahkan saja langsung kepada kedua mempelai, karena merekalah yang akan menggunakan dan paham dengan seleranya sendiri.Bisa sayang kalo nanti peningset yang dipilih oleh pihak keluarga ternyata tidak cocok dengan seleranya kan sayang jadi tidak terpakai.

Ketika mempelai berbelanja sendiri kebutuhan peningset ini bisa juga sebagai sarana pelepas stres terutama bagi wanita yang sudah menjadi nalurinya bahwa berbelanja adalah aktivitas yang menyenangkan. Silahkan deh berburu beburu beberapa barang berikut ini sebagai peningset

1. Jarik dan Kebaya

  • Kebaya
  • sewek, adalah kain batik yang digunakan untuk bawahan kebaya
  • centing, korset untuk kebaya
  • sandal manten / sandal buat kondangan

2. Perlengkapan Rias

Perlengkapan rias ini bisa bervariasi isinya tergantung oleh selera calon pengantin wanitanya. Inilah sebabnya belanja kebutuhan peningset sebaiknya dilakukan sendiri. Sedikit tips dari saya sebaiknya tidak usah semua alat makeup dibeli sekedarnya saja, jangan sampai anggaran kebobolan karena keasyikan belanja kebutuhan seperti ini.

3. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi ini bisa saja berupa alat kebersihan seperti sabun, sampo dan pembersih wajah tapi bisa juga anda lengkapi dengan perlengkapan mandi misalnya piyama, handuk atau shower cap.

4. Pakaian

Pakain ini terdiri dari dua jenis yaitu pakaian sehari hari atau pakain formal yang digunakan untuk bekerja.

Pakaian sehari hari bisa berupa daster, pakain dalam sedangkan untuk pakaian formal tentu saja seperi kemeja, celana panjang atau sepatu dan tas kerja.

5. Perhiasan

Menurut kebiasannya perhiasan ini berupa satu set perhiasan lengkap, mulai dari anting anting, gelang, kalung dan cincin. Namun jika tidak ingin anggaran membengkak bisa saja perhiasan yang dibawa adalah berupa cincin yang nanti digunakan sebagai mahar atau mas kawin. Jadi bisa irit kan, ndak perlu dobel dobel belanjanya.

Baca juga : Tak Mampu Penuhi Permintaan 'Seserahan', Pria Ini Pilih Bunuh Diri

Hantaran Lamaran atau Seserahan

Biar lebih jelas saya coba ulang lagi bahwa, seluruh barang peningset yang disebut diatas adalah bagian dari hantaran lamaran atau seserahan. Barang barang berikut ini adalah keseluruhan barang yang dibawa dalam proses lamaran, yaitu

  1. Peningset, simbol bahwa calon pengantin ini sudah ada yang memiliki dan agar tidak ada pihak lain yang mengganggu
  2. Pisang Raja, simbol harapan kesuburan dan mudah memiliki keturunan
  3. Buah Jambe dan kapur sirih, simbol harapan supaya pernikahannya langgeng sampai kakek nenek.
  4. Bunga, ada 2 jenis yang biasanya dibawa yaitu kenanga dan melati putih dan diletakkan dalam keranjang kecil dengan jumlah ganjil
  5. Gula, kopi dan teh, sebagai simbul harapan hidup berkecukupan
  6. Jajanan pasar
  7. Madu mongso dan kue Jaddah, menjadi simbol agar mereka senantiasa lengket dan mesra
  8. Buah-buahan

Itulah semua rangkaian barang hantaran lamaran dalam prosesi lamaran pernikahan dan semoga sudah bisa membedakan antara peningset dan seserahan.

Hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah mempersiapkan kesemua hantaran lamaran disatas sejatinya tidak wajib dilakukan, terlebih jika ada kendala anggaran pernikahan. Lamaran pernikahan dengan bawaan yang komplit diatas hanya pilihan saja. Sebaiknya prosesi ini juga dilakukan dengan persiapan agar anda bisa menabung untuk acara ini.

Topik pilihan pembaca:

  • hantaran lamaran
  • seserahan lamaran
  • apa saja yang dibawa saat lamaran adat jawa
  • seserahan lamaran adat jawa
  • lamaran adat jawa
  • hantaran lamaran adat jawa
  • kue lamaran adat jawa
  • bawaan lamaran pernikahan
  • isi hantaran pernikahan
  • peningset lamaran