Tips Memilih Dekorasi Pernikahan dan Pelaminan

1095 views

 

Sebelum membicarakan dekorasi pernikahan hal penting sebagai pengingat. Pernikahan (wedding) adalah prosesi mengikat janji antara dua sejoli yang bersifat sakral dan seringkali dilangsungkan hanya sekali seumur hidup dengan orang yang kita cintai. Tidak heran apabila momen tersebut ingin diabadikan dalam bentuk yang terbaik dan paling sempurna oleh setiap pasangan.

Berbagai hal yang berkaitan dengan hari pernikahan, mulai dari pemilihan benda-benda yang akan dibawa pada acara seserahan, lamaran, pemilihan gaun pengantin, tema pernikahan, hingga dekorasi pernikahan dan dekorasi pelaminan juga tidak luput dari perhatian.

Selain kesan yang ingin diberikan kepada tamu saat hadir di hari pernikahan, tentu banyak pengantin yang ingin memori-memori yang tersimpan dalam bentuk foto maupun video juga tampil cantik dan menarik (bagus). Dengan memilih baju pengantin yang tepat dan dekorasi yang cantik, akan membuat foto kenang-kenangan tersebut selalu bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri sepanjang hayat.

Ngomong-ngomong soal dekorasi wedding, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar suasana selama proses yang berlangsung baik itu saat ijab kabul maupun saat walimahan (pesta pernikahan) tetap menarik. Diantaranya adalah:

Menentukan tema pernikahan sebelum memilih Dekorasi Pernikahan

Dekorasi pernikahan akan sangat bergantung pada tema dari pernikahan itu sendiri. Beberapa contoh tema pernikahan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi diantaranya adalah:

  1. Tema tradisional banyak dipilih untuk menampilkan adat istiadat atau budaya tertentu tergantung dari daerah asal kedua mempelai. Contohnya: dekorasi tradisional ala Jawa, dekorasi Sunda, dekorasi pernikahan batak dan lain-lain
  2. Dekorasi pernikahan dengan tema romantis atau feminis juga banyak dipilih oleh mereka yang suka dengan warna-warna lembut karena pada umumnya, konsep romantis (shabby chic) banyak disukai karena mampu memberikan rasa nyaman dan memaksa yang sejuk. Tema ini akan didominasi warna-warna lembut seperti warna putih dan motif-motif bunga.
  3. Tema glamour atau mewah banyak dipilih oleh mereka yang melangsungkan pernikahan di dalam gedung. Berbagi ornamen dan hiasan-hiasan mewah memang sangat mudah diaplikasikan di dalam gedung dengan aneka warna seperti emas, silver, dan putih.
  4. Tema klasik banyak dipilih untuk memunculkan momen sakral di dalam keseluruhan prosesi pernikahan.
  5. Tema sederhana dan minimalis banyak dipilih oleh mereka yang melangsungkan pernikahan di tempat-tempat yang sempit. Selain itu, tema ini juga banyak diusung oleh mereka yang suka dengan private wedding atau menikah dengan budget terbatas.
  6. Outdoor adalah tema yang banyak dipilih oleh mereka yang suka dengan kebebasan. Sendiri bisa dilangsungkan di taman, dipantai, dan lain-lain. Tema ini sangat beresiko. Sehingga, perlu kehati-hatian dan persiapan khusus terutama dalam menghadapi cuaca.
  7. Tema pernikahan selanjutnya yang banyak dipilih saat ini di Indonesia adalah tema pernikahan Islami. Tema ini biasanya bernuansa Arab atau Pakistan dengan ornamen berupa tirai yang panjang dengan warna-warna yang khas seperti kuning keemasan, putih, merah maroon, hingga ungu.
  8. Tentunya selain tema-tema di atas, Anda juga bisa menentukan tema sendiri berdasarkan kesepakatan baik dengan pasangan maupun keluarga.

Memilih dekorasi

Tempat yang Anda pilih untuk menikah bisa mempengaruhi pilihan dekorasi. Pemilihan dekorasi untuk pernikahan yang dilangsungkan di dalam gedung tentu saja akan jauh berbeda dengan pernikahan yang berlangsung di outdoor. Walau demikian, tema yang Anda usung adalah yang paling berpengaruh. Beberapa bagian dari dekorasi yang penting dan perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Panggung
  • Tempat duduk tamu
  • Ruangan jika di dalam gedung
  • Bunga-bunga
  • Pelaminan
  • Tenda makanan (kuliner/prasmanan)

Perhatikan desain gedung

Jika melangsungkan pernikahan di dalam gedung (indoor) Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu desain dari ruangan itu sendiri. Beberapa gedung pernikahan biasanya sudah punya desain tersendiri yang modern dan mewah. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot menambahkan terlalu banyak aksesoris maupun berbagai bentuk dekorasi lainnya.

Jika memilih di dalam gedung, menempatkan beberapa dekorasi unik seperti bunga-bunga hingga pohon-pohon kering akan membuat nuansa di dalam gedung hidup dan tidak membosankan.

Namun jika gedung tersebut polos terutama di bagian plafon, Anda bisa memilih berbagai jenis dekorasi yang umumnya digunakan. Salah satu yang paling banyak dipilih untuk menghiasi bagian langit-langit adalah dengan menggunakan kain gorden untuk menutupi seluruh langit-langit.

Dekorasi pelaminan

Panggung dan pelaminan adalah bagian dari dekorasi yang paling utama. Dimanapun pernikahan tersebut dilangsungkan, entah itu di dalam gedung, di rumah, di taman, atau dipantai, fokus pernikahan pasti akan menuju ke panggung dan pelaminan. Sehingga, pelaminan perlu mendapat perhatian secara khusus.

Karena mempelai pria dan wanita akan menjadi raja sehari, mereka perlu mencari dan memilih dekorasi yang paling tepat sesuai dengan tema pernikahan yang dilangsungkan. Beberapa tips berikut ini bisa dipertimbangkan untuk mendesain pelaminan.

  • Apabila pernikahan tersebut dilangsungkan di tempat yang sempit atau di ruangan yang kecil seperti di rumah, ada baiknya Anda memilih pelaminan yang tidak terlalu lebar. Pada umumnya, kursi pelaminan sudah disediakan oleh wedding organizer yang dipilih. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga apabila Anda meminjam atau menyewa kursi untuk pelaminan yang benar-benar bisa masuk dengan konsep yang Anda buat.
  • Pilihlah pelaminan yang paling nyaman sebagai tempat duduk. Karena walaupun beberapa pelaminan mungkin terlihat keren, tapi jika membuat Anda merasa tidak nyaman jika duduk berlama-lama di sana, maka sebaiknya Anda tinggalkan. Karena, di sini Anda tidak akan duduk hanya satu dua jam melainkan berjam-jam bahkan hampir setengah hari.
  • Berbagai hiasan yang disematkan di pelaminan juga perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah bantal. Ada banyak jenis bantal mulai dari bantal bermotif hingga bantal polos yang bisa dipilih sesuai dengan tema. Namun tentu saja, memilih bantal dengan motif-motif tertentu akan membuat pelaminan Anda terlihat tidak membosankan.
  • Sebisa mungkin, pilihlah panggung yang sedikit melebar untuk memberikan kesempatan kepada tamu undangan yang ingin berfoto. Karena biasanya, beberapa tamu undangan datang dengan rombongan yang jumlahnya banyak.

Kue Pernikahan

Pernikahan modern biasanya dilengkapi dengan kue pernikahan. Kue pernikahan sendiri bisa dipesan di banyak tempat mulai dari kue tart kecil sampai kue-kue dengan ukuran raksasa yang indah dan cantik.

Dalam memilih kue pernikahan, beberapa tips yang sebaiknya diingat antara lain:

  • Kue tersebut setidaknya harus cocok dengan menu makanan. Jika Anda memilih kuliner nusantara, beberapa jenis kue tradisional bisa Anda pilih.
  • Kue juga bisa dipilih berdasarkan musim. Apabila Anda melangsungkan pernikahan pada musim panas atau musim kemarau, kue-kue dengan rasa buah-buahan tropis sangat cocok dan sempurna.
  • Anda juga bisa memilih kue yang paling berkesan dan romantis bagi Anda maupun pasangan.
  • Pilihlah kue yang kira-kira sedang trend atau paling banyak diminati. Karena tentu saja kue-kue tersebut ada untuk dihidangkan agar disukai oleh tamu undangan dan bisa habis bukan?

Itulah beberapa tips memilih dekorasi pernikahan maupun dekorasi pelaminan yang bisa Anda sesuaikan dengan budget, kebutuhan maupun tema dari pernikahan Anda. Walaupun terkesan ribet, namun sebenarnya bisa dijadikan lebih sederhana apabila Anda mau mempersiapkan lebih awal dan melibatkan wedding organizer yang profesional.

Topik pilihan pembaca:

  • berbagai bentuk dekorasi pelaminan mewah
  • dekor pernikahan kecil
  • dekorasi walimahan syari