Cincin kawin mengungkapkan pernikahan apa yang sedang Anda jalankan

406 views

 

13

  • Cincin kawin adalah simbol dari alasan mengapa pasangan menikah dan juga lambang yang menyatakan komitmen penuh antara istri dan suami. Tapi tidak hanya sebagai simbol, Anda akan terkejut, karena ada pelajaran penting yang bisa dipetik dari berlian di jari manis Anda. Pelajaran yang akan membantu memelihara pernikahan Anda dan pasangan. Ohya?Pertanyaan pentingnya; apakah berlian Anda asli, atau palsu?

    Kesibukan memilih cincin berlian, adalah sebuah kenangan yang takkan terlupakan oleh setiap orang. Sebab saat itu, Anda harus menilik hingga detail mengenai berlian. Apa saja kriteria yang menjadi alasan mahal atau tidaknya sebuah berlian; warna, potongan, kejernihan dan berat karat. Dan ternyata dari pemilihan itu, analogi mengenai pelajaran penting dalam pernikahan dapat direnungkan.

  • Warna

    Kriteria utama untuk menilai kadar bagus atau tidaknya sebuah berlian adalah warnanya. Gradasinya cukup mudah untuk dilihat. Dalam ukuran dunia, warna berlian dimulai dari urutan alfabet D berwarna putih bening (transparan) adalah yang terbaik, menurun hingga ke Z dengan warna kuning terang.

    "D", artinya berlian tanpa warna, yang terlihat bening. Sementara "Z" biasanya terdapat pada berlian yang menunjukkan warna yang mudah dilihat. Berlian yang berkilau bagai tetes air bening yang tertimpa cahaya tentunya memiliki nilai dan harga paling tinggi.

    Hal ini dapat dianalogikan sebagai kesucian pernikahan. Persis seperti berlian, kita semua pasti menginginkan pernikahan yang tanpa cacat. Yang jernih dan murni. Namun, di saat yang sama, tak ada salahnya juga dengan mengenal bahwa tak ada pernikahan yang sempurna- seperti tak ada berlian asli yang bisa begitu sempurna. Anda dan pasangan harus memiliki komitmen yang kuat dalam berjuang agar bisa selalu menjadi pasangan yang terbaik, untuk menjadi orang yang pasangan Anda pantas dapatkan.

    Kejernihan dalam pernikahan artinya selalu mencoba jujur satu sama lain. Kemurnian dan kesucian adalah tentang menyimpan hal-hal yang terjadi dalam rumah tangga hanya untuk berdua. Mengenai memuji pasangan anda. Mencoba untuk selalu setia, baik fisik maupun emosi. Tanpa kecuali.

  • Potongan

    Hasil teknik pemotongan batu berlian menjadi satu kriteria penting untuk menentukan kualitas kilau berlian. Semakin halus, tajam, dan memiliki potongan presisi yang tepat antara diameter, permukaan atas, mahkota, dan tinggi butiran berlian tentunya kilau berlian semakin kuat dan indah.

    Seperti pentingnya berlian memiliki potongan presisi dengan sudut dan proporsi yang tepat, agar kilaunya terlihat jelas, pernikahan pun demikian. Amat penting bagi setiap pasangan untuk menemukan keseimbangan dalam pernikahan yang dijalani. Jauhkan segala hal yang bisa membawa Anda dan pasangan membentang jarak. Potong habis setiap kebiasaan buruk dan "tepian kasar" yang bisa mengakibatkan konflik.

    Setiap pasangan menikah harus mampu mengorbankan kesenangan pribadinya, untuk dapat membangun pernikahan yang tumbuh dengan subur. Ya, tak berarti Anda harus selalu menyingkirkan hobi, Anda hanya perlu menempatkan pasangan Anda duduk di skala prioritas nomor satu dalm hidup. Jadi, Anda bisa memilih untuk menemukan hobi yang dapat dilakukan bersama-sama. Hal inilah yang dilambangkan oleh berlian dengan potongan yang tepat.

  • Kejernihan

    Kejernihan merupakan kriteria kuat untuk mengukur banyak atau tidaknya cacat dalam sebuah berlian. Semakin bening dan bersih sebuah berlian dari goresan, noda, atau cacat alam akan kian tinggi nilainya. Kejernihan berlian ini dapat dilihat lewat teropong khusus. Meski kadang, cacat-cacat tersebut dapat terlihat dengan mata telanjang. Semakin jelas dan banyak cacat yang terlihat, akan sangat mempengaruhi harga sebuah berlian.

    Aturan utama dari kejernihan dalam menjalankan pernikahan amat sederhana: Saat Anda sudah memilih untuk menikah, berhentilah mencari-cari cacat dan perhatikanlah hal-hal terbaik yang pasangan Anda sudah lakukan.

    Pelajaran penting lainnya dari sebuah kejernihan, adalah, Anda harus memiliki sumber utama dari kejernihan dalam hidup Anda. Untuk beberapa orang, hal ini mampu dihadirkan oleh agama. Sementara sebagian lainnnya, kejernihan dapat dicapai dengan mengekslplorasi alam. Kejernihan juga dapat ditemukan pada sahabat dan mentor. Apapun sumber kejernihan pernikahan Anda, sering-seringlah mendekatkan diri pada hal itu sebab dengan begitu, akan memudahkan Anda membersihkan pikiran dan mengingatkan akan hal-hal terbaik dari diri Anda.

  • Berat Karat

    Karat diartikan sebagai pengukuran berat. Satu karat sama dengan 0,5 gram berlian. Semakin besar berliannya, semakin besar nilainya. Sesederhana itu.

    Dalam pernikahan, hal ini mengingatkan pada "Lebih banyak mengingat hal-hal yang memiliki pengaruh (berat) besar" atau dengan kata lain: tentukan prioritas lalu ingat selalu prioritas tersebut.

    Keseharian dalam hidup kita diliputi oleh kesibukan, bahkan kadang terlampau sibuk. Maka seringkali berbagai kewajiban yang harus dijalani pun, memiliki tempat sendiri dalam skala prioritas kita. Karenanya, ingatlah kewajiban apa yang paling penting. Menjadikan pasangan dan hubungan pernikahan Anda sebagai prioritas utama, takkan pernah salah. Pilihlah opsi untuk bertemu pasangan dan menghabiskan makan siang bersamanya ketimbang dengan teman-teman kantor. Telepon dan kabari pasangan Anda sebelum mengabari klien. Usai makan malam, sempatkan untuk mengobrol santai dengan pasangan ketimbang menonton televisi. Tempatkan ia sebagai si nomor satu, dan itulah yang paling benar.

  • Nilai Sebuah Pernikahan

    Lalu bagaimana jika berlian yang menghasi cincin kawin Anda bukanlah berlian asli? Apakah komitmen bersama pasangan menjadi tidak bernilai? Tentu Tidak.

    Berlian adalah benda mahal, tak diragukan lagi. Sementara banyak pasangan yang menikah di awal karier, saat keduanya masih berada pada posisi yang jauh dari mapan. Maka menjadi orang yang hemat karena paham benar mengenai kondisi keuangannya, tahu persis apa yang mampu dan tak mampu dipenuhi, tentu juga harus dihargai. Mereka yang memilih untuk melupakan nilai berlian asli, ketimbang melumpuhkan kemampuan finansialnya, adalah tindakan yang benar.

    Mereka yang merasa nyaman dengan memilih bahwa nilai uang pada cincin kawinnya bukanlah simbol dari cinta satu sama lain, juga patut dihargai. Sebab pada akhirnya, yang paling penting bukanlah nilai dari sebuah berlian. Melainkan nilai yang Anda ciptakan dalam hubungan pernikahan. Bangunlah hubungan pernikahan sesuai dengan yang diinginkan, dan biarkan cincin kawin hanya berfungsi sebagai pengingat cinta juga komitmen yang dibagi antara suami dan istri.