Begini Nih! Pesta Pernikahan yang Murah Meriah dan Tidak Menguras Dompet Kamu

pesta pernikahan

Pesta pernikahan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, terutama calon mempelai perempuan dan laki-laki. Dengan pesta pernikahan ini menjadi pertanda bahwa kamu akan semakin dekat dengan perubahan status dari garis menjadi seorang istri, dari bujang menjadi seorang suami.

Tujuan pesta pernikahan diadakan pastinya untuk mengabadikan momen terindah mereka, di mana pesta pernikahan ini hanyalah sekali seumur hidup bagi pasangan pengantin. Sebagai keluarga yang mengadakan pesta, harapannya dapat memberikan pesta yang terbaik bagi anak-anaknya.

Inilah yang terkadang membuat para lelaki kurang jantan saat masa-masa menuju jenjang pernikahan. Sehingga ada yang berhenti untuk melanjutkan pernikahan, karena ada orang tua perempuan yang mematok segini dan segitu. Hahah. Sabar ya 😀

Pesta pernikahan itu sebenarnya diadakan untuk memberitahu kepada teman, tetangga, kerabat-kerabat bahwa kamu akan menikah dengan gadis ini. Jika pesta pernikahan tidak diramaikan, akan menjadi tanda tanya bagi orang-orang terdekatmu.

Jadi, sudah gamblang penjelasan di atas, bahwa tidak ada yang mengatakan: pesta pernikahan Anda harus dengan nominal sekian ratus juta. Bertahtakan emas. Beralaskan kaca. Jadi, apa yang perlu dikhawatirkan mengenai pernikahan Anda?

pesta pernikahan 6

Jika kamu seorang muslim, hal ini jelas sekali Rasulullah menegaskan “untuk satu pengantin yaitu sepasang pengantin, harus diadakan walimah (pesta pernikahan)” (HR. Ahmad)

Untuk kamu yang berpenghasilan tinggi, bisa memberikan pesta yang terbaik untuk pasanganmu. Untuk kamu yang pas-pasan, tetapi sudah mapan untuk menikah, maka pesta pernikahan yang seperti ini harus kamu coba. Murah meriah dan in syaa Allah akan lebih menjamin ketenangan hidupmu. Jika pesta pernikahanmu sederhana, kamu dan keluarga tidak perlu hutang ke sana kemari.

Kehidupan barumu saja, baru dimulai, kok sudah tidak ada ketenangan dalam hidup. Laksanakan pesta yang tidak memberatkan, hilangkan apa kata orang. Toh tetanggamu tidak akan membantu melunasi hutangmu, jika itu pilihanmu dengan pesta pernikahan yang mewah dan harus berhutang ke kanan dan kiri.

Pesta pernikahan yang sederhana dan semua pria bisa merencanakannya

Mengenai pesta yang sederhana, kami mencoba menjabarkan perkataan Rasulullah. Seseorang yang sederhana sekaligus mampu menjaga pernikahan sampai akhir hayat dengan para istrinya.

a. Tempat pesta: di masjid atau rumah

pesta pernikahan 1

Kami menemukan bahwa Rasulullah bersabda: “Umumkanlah pernikahan ini, adakanlah di dalam masjid. Dan meriahkanlah dengan pukulan rebana.” (HR. Ahmad dan At Tirmidzi).

Ketika Abu Usaid As Sa’di menikah, dia mengundang Nabi Shallaallaahu‘Alaihi wa Sallam dan para sahabat ke rumahnya.”

Kamu masih ragu melangsungkan pernikahan? Apakah pernyataan di atas memberatkanmu? Pernyataan di atas, tidak mengatakan “bagi laki-laki yang bergaji 3 juta/bulan, wajib menikah di hotel bintang 5.” Haha. Bisa-bisa putus dah.

b. Hidangannya: Cukup 1 kambing dan roti saja

pesta pernikahan 2

“… Adakanlah walimah meski hanya dengan seekor kambing..” (HR. Al Bukhari). Begitu perkataan Rasulullah kepada Abdurrahman bin Auf.

Ada lagi yang menyaksikan pernikahan Rasulullah, yaitu Anas bin Malik. Dia berkata: “Tidaklah aku saksikan bagaimana Rasulullah menyelenggarakan walimah untuk istri beliau seperti yang aku saksikan saat beliau menikahi Zainab. Beliau menyembelih seekor kambing. Beliau menjamu para tamu dengan roti dan daging sampai tidak habis.” (HR. Al Bukhari)

c. Mendapat sumbangan dari orang kaya

pesta pernikahan 3

Loh, kurang enak apa coba. Mangkanya, jangan pada takut nikah, gara-gara ga punya duit buat pesta. Dari Anas, Nabi saja bilang: “Siapa saja yang mempunyai sesuatu untuk disumbangkan, maka hendaklah disumbangkan.” Anas masih melanjutkan perkataannya: “… Ada yang menyumbang keju, ada yang menyumbang kurma, ada yang menyumbang minyak samin. Mereka bersama-sama membuat hais…” (HR. Al Bukhari). Hais adalah makanan lezat campuran dari kurma, keju, dan minyak samin.

d. Mengundang orang-orang shalih

pesta pernikahan 4

Berarti yang diundang sedikit kan? Seluruh belahan dunia tak perlulah diundang semuanya. Dengan begini akan menghemat pengeluaran untuk undanganmu. Karena zaman semakin canggih, kamu cukup membuat undangan dari fb, bbm, line dan social media yang lainnya. Untuk kerabat terdekat, cetaklah undangan. Jadi sedikit kan pengeluaranmu?

Melanjutkan tentang hanya orang-orang shalih yang menghadiri pernikahan, Rasulullah bersabda: “… Usahakanlah makananmu hanya dimakan oleh orang-orang yang bertaqwa.” (HR. Abu Dawud)

Dengan adanya kehadiran orang-orang shalih di pesta pernikahanmu, secara tidak langsung mereka akan mendoakan untuk keberkahan pernikahan kalian.

e. Orang miskin juga harus diundang

pesta pernikahan 5

Tak hanya orang-orang shalih, orang kaya, yang diundang ke pernikahanmu. Tetapi orang miskinpun juga harus diundang. Simak perkataan Rasulullah berikut ini: “Sejelek-jelek makanan adalah hidangan walimah yang orang-orang kaya diundang menghadirinya, tetapi orang-orang miskin tidak diundang.” (HR. Muslim dan Al Baihaqi)

Hidup yang indah adalah bersama dengan orang-orang yang menerimamu apa adanya dan kamu pun menerima ia apa adanya pula. Segerakan pernikahan. Pesta pernikahan tak akan menghalagimu hidup bersama seseorang yang sesuai takdir-Nya.

Topik pilihan pembaca:

  • pelaminan untuk orng miskin