Batu Akik Rubi Ini Harganya Rp 397 Miliar, Apa Istimewanya?

1562 views

batu-ruby-darah-merpati-640x320Indonesia boleh saja punya batu akik mahal seperti Red Borneo atau batu Bacan. Namun di Swiss ada batu akik yang harganya sangat mahal dengan terjual senilai Rp 397 miliar. Batu ini berjenis rubi dengan corak warna “darah merpati” yang disebut dengan Sunrise Ruby. Cincin batu akik tersebut terjual melalui lelang yang dilakukan oleh Rumah Lelang Sotheby’s di Kota Jenewa.

Dikutip dari laman Merdeka, corak darah merpati pada batu rubi tersebut diketahui memang mahal. Harganya mencapai tiga kali lipat dari nilai batu akik yang dilelang sebelumnya. Rubi darah merpati ini punya keunggulan tersendiri. Kekuatan kekerasan batunya mencapai ukuran 25,59 karat. Jadilah kemudian batu akik rubi yang dilelang ini menjadi sangat langka.

Pemenang dari pelelangan ini adalah penawar yang mengajukan harga melalui telepon. Namanya tidak dipublikasikasikan . Awalnya batu Sunrise Ruby merupakan koleksi dari produsen perhiasan Cartier. Batu ini ditemukan pertama kali di Myanmar.

David Bennet, kepala divisi perhiasan Sotheby’s, mengatakan bahwa harga penjualan batu akik Sunrise Ruby menjadi pemecah rekor dari tiga harga sebelumnya. Awalnya diprediksi harga batu ini hanya berada di angka RRp 154 miliar sampai Rp 236 miliar. Ternyata, hasilnya lebih dari perkiraan.

“Batu rubi berwarna darah merpati ini termasuk yang paling langka dari semua batu akik. Selama 40 tahun ini baru kali ini saya melihat batu dengan warna semacam ini, dengan ukuran sebesar ini,” kata Bennet.

#cincin #bacan #baturubi #batuakik

Tags: #bacan #batu akik #cincin