5 Cara Menjaga Pernikahan yang Terpisahkan Oleh Jarak Agar Tetap Langgeng

Anda sedang menjalani LDR (long distance relationship) dengan pasangan ? Sering ada persaaan was was kira kira apa yang sedang dilakukan si doi nun jauh disana ketika sendirian. Bisikan penuh curiga pun semakin menguat ketika ditelpon tidak diangkat dan sms pun lambat dijawabnya. Jika sudah menjadi pilihan hati maka apa daya kecuali berusaha mencari jalan agar hubungan tetap langgeng tanpa harus dihancurkan oleh jarak yang memisahkan

 

Hidup terpisah jauh dari pasangan adalah keadaan yang tidak menyenangkan. Saat ini banyak sekali wanita yang hidup terpisah dari suami mereka. Keadaan tersebut bukanlah disebabkan karena sebuah perselisihan atau percekcokan melainkan karena keadaan yang menuntut dan mengharuskan mereka untuk hidup terpisah. Bukannya terpisah untuk selamanya melainkan terpisah untuk sementara waktu. Ada beberapa wanita yang ditinggal suami karena suaminya tersebut menempuh pendidikan atau ada juga karena sang suami bekerja di luar negeri atau di luar pulau.

Lantas, apakah keadaan seperti ini bisa disalahkan? Mungkin saja kita dianggap sebagai orang yang paling egosi jika kita memberikan anggapan atas hubungan pasangan-pasangan yang dipisahkan oleh jarak. Kita tidak pernah tahu keadaan atau alasan yang memaksa mereka untuk hidup terpisah. Meskipun kita sebenarnya tahu bahwa hidup terpisah dari pasangan kita adalah sebuah resiko.

Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan beberapa pasangan bisa hidup terpisah. Mungkin karena sebelum menikah mereka sudah terbiasa hidup terpisah dan menjalin hubungan jarak jau, atau suami mereka yang bekerja mengarungi samudera yang tidak memungkinkan untuk membawa pasangannya agar bisa hidup bersama-sama dan masih banyak sekali alasan-alasan lainnya.

Banyak sekali resiko yang harus diambil ketika hidup terpisah dari suami. Dan lambat laun keadaan ini akan mengikis sedikit demi sedikit kepercayaan masing-masing pasangan. Karena sudah lama tidak bertemu maka kecurigaan akan semakin muncul, atau karena kurangnya kepercayaan kepada pasangannya sendiri maka bisa saja mereka menuduh pasangannya yang tidak-tidak dan selalu berpikiran negatif.
Jika dibiarkan terus menerus tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi kelangsungan hubungan pernikahan. Jarak yang sudah memisahkan ditambah dengan tuduhan pasangan akan semakin membuat hubungan pernikahan menjadi tidak harmonis. Untuk itulah demi menghindari keadaan tersebut perlu dilakukan serangkaian cara agar tetap bisa menjaga keharmonisan hubungan meskipun jarak membentang. Lalu apa saja cara yang harus dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan pernikahan yang terpisahkan oleh jarak? Nah di bawah ini kita akan bahas beberapa cara agar pasangan yang hidup berjauhan bisa menjaga hubungan pernikahan mereka tetap langgeng.

5 Cara Menjaga Pernikahan yang Terpisahkan Oleh Jarak Agar Tetap Langgeng

1. Saling percaya

Hidup berjauhan bersama pasangan maka pasangan suami istri sangat membutuhkan sekali kepercayaan satu sama lain. Karena dalam keadaan seperti ini tidak menutup kemungkinan akan banyak sekali godaan yang menghampiri di saat kita berada sendirian tanpa kehadiran pasangan di samping kita. Jika kita tidak memiliki kepercayaan kepada pasangan kita sendiri, maka hal tersebut akan menyebabkan dan menimbulkan perasaan was-was yang setiap waktu terus menghantui. Oleh sebab itu, berpikir positif terhadap pasangan kita adalah hal yang perlu dilakukan guna menjauhkan kecurigaan yang tidak beralasan.

Jika kita sudah bisa saling percaya bersama pasangan, maka kekhawatiran akan hal-hal buruk lambat laun akan menjauh dari benak pikiran kita. Dan secara langsung hal ini mampu meminimalisir pertengkaran yang akan terjadi dalam hubungan pernikahan. Jika anda sudah bisa benar-benar percaya kepada pasangan anda sendiri, maka anda setiap saat akan merasa rindu karena tidak ada pikiran-pikiran buruk yang akan mempengaruhi itu semua.

2. Komunikasi dengan rutin

Pasangan yang hidup berjauhan itu maka pastinya mereka akan sulit untuk bertemu. Oleh sebab itu, untuk mengatasi rasa rindu kepada pasangan serta agar keharmonisan bisa tetap terjaga maka sering-seringlah untuk berkomunikasi entah itu melalui SMS, telepon, media sosial lainnya ataupun melalui video call. Dimana jika anda berkomunikasi melalui video call maka anda bisa melihat secara langsung pasangan yang jauh di sana. Jika anda berkomunikasi melalui SMS atau telepon, maka tulisan atau suara akan jauh berbeda sekali nuansanya dibandingkan ketika anda bertatap muka langusng. Kadang kala jika hanya melalui pesan singkat, surat atau email seringkali terjadi kesalahpahaman.
Saat ini jaman semakin mengalami kemajuan dan tekhnologi pun ikut berkembang dengan sangat pesat sekali. Oleh sebab itu kita bisa menggunakan teknologi yang ada ketika kita berada dalam hubungan jarak jauh. Yang dibutuhkan saat komunikasi dalam hubungan jarak jauh bukanlah media perantaranya, namun yang ada justru kuantitas dan kualitas komunikasi itu sendiri.

3. Jadwalkan pertemuan paling tidak dua kali dalam setahun

Jika anda sudah lama tidak bertemu dengan pasangan anda bahkan hampir bertahun-tahun, maka anda janganlah tinggal diam. Berusahalah untuk menjadwalkan pertemuan setidaknya dua kali dalam setahun. Karena apapun keadaannya jika dalam sebuah hubungan tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan pasangan maka kehambaran akan muncul. Jika pasangan anda yang jauh di sana tidak bisa pulang dan menghampiri anda, maka anda bisa menemuinya secara langsung. Luangkanlah sedikit kesibukan demi hubungan pernikahan yang lebih bahagia. Lebih saring bertemu maka akan lebih baik. Hidup berjauhan bersama pasangan memang sedikit butuh pengorbanan. Selain berkorban perasaan maka kita pun harus rela berkorban waktu dan materi. Karena untuk menemui pasangan yang jauh di sana membutuhkan waktu dan uang yang tidak sedikit. Namun meskipun begitu, jika anda mengharapkan hubungan yang langgeng dan harmonis maka semuanya itu tidaklah ada artinya bagi anda.

4. Mengirim hadiah

Selain bertemu maka kita pun bisa mengirim hadiah kepada pasangan kita sendiri agar kemesraan masih bisa tercipta. Jangan mentang-mentang kita hidup berjauhan dengan pasangan kita, maka kita pun melupakan tanggal-tanggal penting seperti hari ulang tahun pasangan dan hari pernikahan. Saling berkirim hadiah pastinya akan menghangatkan kembali hubungan yang dipisahkan oleh jarak. Kita tidak perlu mengirimnya hadiah yang mahal. Karena hadiah yang sederhana namun memiliki makna yang dalam mampu mewakili hadiah mahal tesebut.
Jika memang pasangan kita bukanlah tipe pasangan yang perhatian dan romantis, maka kita janganlah menunggu pasangan kita untuk berubah. Mulailah dari diri anda sendiri. Tunjukanlahperhatian kepada pasangan anda dan salah satunya yaitu dengan mengingat tanggal-tanggal istimewa dan mengirimkan hadiah. Dengan sikap kita seperti itu maka pasangan kita akan merasa sangat bahagia dan merasa bahwa dirinya sangat istimewa dan dia pun akan merasa sangat diihargai.

5. Memberikan pengertian kepada anak-anak

Jika dari pernikahan anda dan pasangan, anda berdua sudah dikarunia anak dan harus hidup terpisah dengan pasangan anda, maka hal yang perlu anda lakukan yaitu memberikan penjelasan kepada anak anak anda. Meskipun anak-anak anda masih sangat kecil tetapi mereka semua harus tahu alasan mengapa anda harus hidup terpisah. Berikanlah alasan-alasan yang mudah dimengerti oleh anak anda dan jelaskan kepadanya bahwa suatu saat nanti pasangan anda akan kembali dan berkumpul bersama mereka.

Janganlah biarkan anak anda tumbuh tanpa peran seorang ayah atau ibu. Jika anda berkomunikasi dengan pasangan anda, maka sertakanlah anak-anak anda jangan sampai anda hanya menghabiskan waktu berkomunikasi berdua saja. Ketika mengetahui kabar anaknya dan mendengar anaknya semakin hari semakin besar maka pasangan anda pun akan lebih semangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau yang lainnya agar bisa kembali secepat mungkin ke rumah.

Jika anda dan pasangan sudah memutuskan untuk hidup berjauhan dengan pasangan, maka anda pun harus bisa mengambil resiko dari itu semua. Jika masing-masing pasangan selalu memegang teguh komitmen pernikahan, maka niscaya hubungan pernikahan pun akan tetap langgeng meskipun terpisahkan oleh jarak.

Menarik?? Bantu Share Yukk..