4 Tips memilih batu berlian asli

7267 views

4 Tips memilih batu berlian asli

Batu berlian asli - Berlian adalah salah satu batu mewah yang sangat didambakan oleh kaum wanita. Selain bentuknya yang indah, berlian juga memiliki kesan mewah, glamor, elegan, dan anggun. Namun, jika Anda berniat ingin membeli berlian harus teliti dan berhati-hati dalam mernilihnya karena sudah banyak berlian berharga murab serta berlian palsu di pasaran. Berikut  ini beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih berlian yang berkualitas.

Batu berlian asli

1. Kejelasan/Clarity
Kejelasan/Clarity suatu barang merupakan hal pertama yang sangat penting di dalam transaksi  jual beli. Kejelasan/clarity berlian ditentukan oleh jumlah, jenis, warna, ukuran, penempatan dan jenis inklusi. Semakin banyak cacat (inklusi) pada berlian dapat menurunkan nilai berlian tersebut. Kecacatan  pada berlian dapat dilihat melalui kaca pembesar dengan pembesaran minimal 10 kali. Semakin sedikit inklusi yang terjadi maka semakin berharga pula nilai berlian tersebut.

2. Potongan/Cut
Potongan suatu berlian harus proposional dan excellent cut karena kedua hal tersebut yang menjadikan berlian lebih berkilau, cemerlang, dan memiliki nilai jual yang tinggi. Potongan berlian tidak hanya mengacu kepada bentuk dan jumlah seginya saja, tetapi lebih mengarah kepada kualitas potongan tersebut. Berlian dengan segi pemotongan yang kurang baiktidak akan diberi nilai/kelas yang sederajat dengan potongan ideal/sempurna. Potongan berlian yang baik adalah yang mampu memantulkan kembali cahaya keluarsehingga mampu menunjukkan keindahan berlian yang sesungguhnya.

3. Karat/Carat
Berlian dijual berdasarkan berat yang diukur dalam satuan karat. Satu karat setara dengan 0.2 gram/200 mg atau 1/5 gram, yang terbagi menjadi 100 poin. Sebuah perhiasan yang terdapat berlian lebih dan satu atau istilahnya karat, maka ukuran dan perhiasan tersebut digambarkan dengan total berat karat terdiri dan gabungan berat semua batu yang terdapat di dalam perhiasan tersebut. Semakin besar karat berlian, semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Namun, sebuah berlian dikatakan mahal jika potongan, warna, dan kejelasanya pun sempurna. Meskipun berlian tersebut memiliki karat yang kecil, tetapi potongan, warna, dan kejelasanya ideal, maka berlian tersebut bernilai lebih tinggi dibanding dengan berlian yang memiliki karat besar tetapi potongan, warna, dan kejelasanya tidak bagus!berkualitas rendah. Karena berlian merupakan batu yang sangat berharga sehingga pengukurannya pun dilakukan dengan teliti, tepat dan akurat.

4. Warna/Color
Secara penglihatan mata, batu berlian terlihattidak memiliki warna. Tetapi, jika kita mencermati secara seksama, terdapat sedikitwarna kuning atau coklat. Berlian memilikitingkatan warna yang berkisar antara D (tanpa warna) sampai ke Z (memiliki tingkatan warna kuning). Warna berlian yang paling populer adalah warna putih, sedangkan berlian yang paling maha, yaitu berlian yang tidak berwarna (colorless) D 100%.

Berlian murni dengan warna cemerlang!tidak berwarna sudah jarang ditemukan. Meskipun ada, pasti harganya sangat mahal perkaratnya dibandingkan dengan berlian putih biasa. Semakin tinggi batu berlian tersebut tidak memiliki warna, maka semakin tinggi pula harganya. Berdasarkan skala GIA, berlian memiliki berbagai tingkatan warna. Selain putih, berlian ternyata memiliki warna lain seperti: merah, biru, hijau dan kuning terang atau canary.

Topik pilihan pembaca:

  • harga berlian per gram
  • harga berlian asli 2015
  • harga berlian per karat 2016
  • harga berlian per karat 2015
  • harga berlian per gram 2015
  • harga berlian per gram 2016
  • berlian
  • harga berlian pergram
  • harga berlian 2015
  • harga berlian 1 karat 2015