4 Tips Jitu Menjadi Menantu Yang Baik Untuk Ibu Mertua

1305 views

ibu mertuaSalah satu tantangan besar saat menjalani kehidupan rumah tangga bagi seorang wanita adalah menjadi menantu yang baik. Seringkali, menghadapi ibu mertua menjadi isu paling hot yang sering dibicarakan para wanita yang sudah menikah. Lalu bagaimana caranya membangun hidup yang rukun dengan mertua?

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dan lakukan agar bisa menjadi menantu wanita yang baik untuk mertua, antara lain adalah dengan cara berikut ini.

  • Bersikap baik dan adil

    Cobalah bersikap seadil mungkin terhadap mertua Anda, seperti Anda memperlakukan ibu kandung Anda sendiri. Jika Anda memberikan hadiah A kepada ibu Anda saat ulang tahun, maka berikan hadiah yang sama kepada ibu mertua saat beliau ulang tahun. Begitu pula jika Anda berkunjung, frekuensi berkunjung ke rumah sendiri dengan rumah mertua juga harus sama.

  • Lebih peka

    Seperti Anda yang baru saja menjadi menantu, ibu mertua Anda mungkin juga masih baru dengan peran mertua. Jadilah lebih peka, terutama dengan hal-hal yang menyangkut hubungan mertua dan suami Anda. Mertua merasa telah menghabiskan sebagian besar hidupnya membesarkan putranya dan mungkin hal ini membuatnya agak sensitif, apalagi ketika orang lain menjadi pusat perhatian kehidupan putranya saat ini.

    Misalnya ibu mertua menyebut bahwa anaknya sangat suka dengan masakannya, jangan mencoba untuk menandinginya atau berusaha menegaskan bahwa suami Anda juga menyukai masakan Anda. Ini akan menyakiti hati mertua Anda.

  • Rasa hormat

    Adat kesopanan harus selalu dipegang. Selalu anggap orang yang lebih tua lebih berpengalaman dan bijaksana meskipun seringkali pendapat mereka tidak sama dengan Anda. Berbicaralah dengan baik, tanyakan tentang masa kecilnya, bagaimana perjalanan mereka membesarkan anak-anak, atau tentang berbagai pengalaman hidup mereka. Ini akan membangun ikatan yang lebih baik daripada membantah atau melakukan keinginan Anda sendiri.

  • Lebih kooperatif

    Ketika mertua ada di rumah, bersikaplah perhatian dan kooperatif. Jika mereka ingin membantu Anda memasak, izinnkan lah. Jika mereka ingin ikut mengasuh anak Anda, berikan kesempatan itu. Ketika mereka duduk sendiri, duduklah di sampingnya dan buatlah obrolan yang menyenangkan. Ini merupakan salah satu cara "berkenalan lebih jauh" dengan mertua.

Memiliki sikap yang baik dan terus menjalin komunikasi dengan ibu mertua (dan bapak mertua) adalah cara ampuh menjadi menantu yang baik. Meskipun secara harfiah pernikahan hanya menyangkut Anda dan pasangan saja, namun Anda tidak bisa melepaskan peran keluarga kedua belah pihak dalam sebuah pernikahan.